Main Article Content

Abstract

Generasi muda saat ini menunjukkan minat yang signifikan terhadap seni kaligrafi sebagai bentuk ekspresi kreatif dan juga sarana spiritual yang mendalam. Kaligrafi Islam adalah salah satu warisan budaya yang penting bagi umat Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelidiki dampak pelatihan keterampilan kaligrafi terhadap kreativitas generasi muda Islam di TPA. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu metode ceramah dan pelatihan (workshop). Kegiatan metode ceramah dilakukan dengan pemberian motivasi dan materi, sedangkan metode pelatihan dilakukan dengan praktik secara langsung dan terbimbing. Workshop kaligrafi ini dilaksanakan selama empat pertemuan dan diikuti oleh santriwan dan santriwati TPA Al-Mukhayyah. Sebanyak 20 santri TPA dari berbagai usia dan latar belakang dilibatkan dalam pelatihan. Adapun materi pelatihan berkaitan dengan kaidah dan sejarah kaligrafi, pengenalan alat dan bahan, macam-macam jenis dan cabang kaligrafi, keindahan dan teknik warna, serta materi pendukung lainnya. Kreativitas sebelum dan setelah pelatihan dilihat berdasarkan hasil praktik penulisan kaligrafi yang dilakukan oleh santri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kreativitas santri setelah mengikuti pelatihan keterampilan kaligrafi. Hal ini terlihat dari gerak atau postur santri dalam memegang alat tulis (pensil kaligrafi), sudut penulisan (cara memposisikan kertas), serta hasil penulisan kaligrafi dari hari pertama hingga hari terakhir.

Keywords

Kaligrafi Keterampilan Kreativitas

Article Details

How to Cite
Magfirah, N., Nazira, Nurmala, Mirna ZK, & M Hasbi. (2025). STUDI KASUS: PELATIHAN KETERAMPILAN KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GENERASI MUDA ISLAM DI TPA AL-MUKHAYYARAH. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 5(1), 30-36. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v5i1.1399

References

  1. Afifi, S. F. (2002). Cara Mengajar Kaligrafi. Jakarta: Darul Ulum Press.
  2. Agustin, A., & Soraya, SZ (2022). Pemberdayaan Santri Melalui Pelatihan Kaligrafi di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Janita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2 (1), 7-15.
  3. Angga Putra, I., Dian Rahmawati, R., Dian Rahmawati, R., & Ainur Rofiq, A. (2020). Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Brangkal. JUMAT KEAGAMAAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 8-12.
  4. Hanafi, H.-, Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Di Pesantren Thawalib Gunuang. Batoboh, 5(2), 113. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297
  5. Sakila, E. N., Haris, F. K., Umdah, U., & Umara, N. S. (2022, October). Pelatihan Keterampilan Kaligrafi di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Yayasan Oto Iskandar Dinata. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
  6. Ufairo, B., Rahmawati, A., & Yunisa, R. A. (2024). SENI KALIGRAFI DALAM TINJAUAN PEMIKIRAN ISLAM. Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran dan Tasawuf, 1(2), 49-59.