Main Article Content
Abstract
Generasi muda saat ini menunjukkan minat yang signifikan terhadap seni kaligrafi sebagai bentuk ekspresi kreatif dan juga sarana spiritual yang mendalam. Kaligrafi Islam adalah salah satu warisan budaya yang penting bagi umat Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelidiki dampak pelatihan keterampilan kaligrafi terhadap kreativitas generasi muda Islam di TPA. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu metode ceramah dan pelatihan (workshop). Kegiatan metode ceramah dilakukan dengan pemberian motivasi dan materi, sedangkan metode pelatihan dilakukan dengan praktik secara langsung dan terbimbing. Workshop kaligrafi ini dilaksanakan selama empat pertemuan dan diikuti oleh santriwan dan santriwati TPA Al-Mukhayyah. Sebanyak 20 santri TPA dari berbagai usia dan latar belakang dilibatkan dalam pelatihan. Adapun materi pelatihan berkaitan dengan kaidah dan sejarah kaligrafi, pengenalan alat dan bahan, macam-macam jenis dan cabang kaligrafi, keindahan dan teknik warna, serta materi pendukung lainnya. Kreativitas sebelum dan setelah pelatihan dilihat berdasarkan hasil praktik penulisan kaligrafi yang dilakukan oleh santri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kreativitas santri setelah mengikuti pelatihan keterampilan kaligrafi. Hal ini terlihat dari gerak atau postur santri dalam memegang alat tulis (pensil kaligrafi), sudut penulisan (cara memposisikan kertas), serta hasil penulisan kaligrafi dari hari pertama hingga hari terakhir.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Afifi, S. F. (2002). Cara Mengajar Kaligrafi. Jakarta: Darul Ulum Press.
- Agustin, A., & Soraya, SZ (2022). Pemberdayaan Santri Melalui Pelatihan Kaligrafi di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Janita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2 (1), 7-15.
- Angga Putra, I., Dian Rahmawati, R., Dian Rahmawati, R., & Ainur Rofiq, A. (2020). Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Brangkal. JUMAT KEAGAMAAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 8-12.
- Hanafi, H.-, Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Di Pesantren Thawalib Gunuang. Batoboh, 5(2), 113. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297
- Sakila, E. N., Haris, F. K., Umdah, U., & Umara, N. S. (2022, October). Pelatihan Keterampilan Kaligrafi di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Yayasan Oto Iskandar Dinata. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
- Ufairo, B., Rahmawati, A., & Yunisa, R. A. (2024). SENI KALIGRAFI DALAM TINJAUAN PEMIKIRAN ISLAM. Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran dan Tasawuf, 1(2), 49-59.