https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/issue/feed Jurnal AGRIBIS 2023-10-31T13:48:20+07:00 Chusnatul Ulaela Sajali chusnatululaelasajali@unita.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Agribis diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Tulungagung. Menerima artikel ilmiah kajian tentang ekonomi pertanian dan agribisnis.</p> https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/847 Analisis Kelayakan Usahatani Beras Hitam Organik (Oryza sativa L. indica) di Desa Purworejo, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung 2023-10-31T13:45:56+07:00 Chusnatul Ulaela Sajali chusnatululaelasajali@unita.ac.id Siti Nur Diyana sitinurdiyana56@gmail.com <p>Sub sektor tanaman pangan, terutama produksi beras, memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia. Ketersediaan beras, sebagai sumber utama karbohidrat, merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Penelitian ini mengulas pentingnya beras hitam dalam aspek ekonomi dan kebutuhan pokok masyarakat, serta menyoroti varian beras hitam sebagai jenis beras unik bernilai gizi yang tinggi. Usahatani beras hitam organik di lokasi penelitian masih tergolong baru dan perlu dikenalkan lebih luas kepada petani dan masyarakat. Metodologi kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dan data sekunder dari jurnal dan literatur terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai R/C adalah 2,96 yang berarti petani beras hitam organik akan memperoleh 2,96 untuk setiap Rp.1,00 pengeluaran. Nilai R/C lebih besar dari 1 maka beras hitam organik yang ditanam di Desa Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten layak untuk dilanjutkan.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/848 Peran Kelompok Tani Dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Petani di Era Modern di Kabupaten Tulungagung 2023-10-31T13:46:35+07:00 Mufida Diah Lestari mufida@unita.ac.id Bambang Tri Kurnianto bambangtrikurnianto@gmail.com Herry Nur Faisal herrynf81@gmail.com Umi Nur Solikah umi_solikah@yahoo.co.id <p>Kelompok tani salah satu kelompok yang memberikan andil penting dalam keberlangsungan peningkatan perkembangan perekonomian petani dan keluarganya. Kelompok tani menjadi sebuah wadah bagi petani untuk bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai berbagai hal diantaranya: mempererat silaturahmi antara anggota kelompok tani,&nbsp; sistem usaha tani modern, pemecahan masalah dalam bidang pertanian, sebagai ruang belajar, belajar berorganisasi dan sebagai unit produksi sebagai usaha untuk mengembangan usaha pada skala ekonomi. Kelompok tani dibentuk oleh petani dan diperuntukkan petani, namun banyak kelompok tani yang dibuat berdasarkan program pemerintah yang mengharuskan petani menjadi anggota kelompok tani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dari kelompok tani dalam&nbsp; perwujudkan kemandirian petani di Kabupaten Tulungagung. Penelitian menerapkan metode deskriptif kualitatif. Sampel dari penlitian ini adalah petani yang menjadi anggota kelompok tani pada beberapa daerah di Kabupaten Tulungagung. Kelompok tani dibentuk oleh petani dan diperuntukkan petani, namun banyak kelompok tani yang dibentuk berdasarkan program pemerintah yang mengharuskan petani menjadi anggota kelompok tani. Hasil dari penelitian ini masih banyak kelompok tani di Kabupaten Tulungagung yang belum berjalan maksimal disebebakan oleh beberapa faktor diantaranya adalah: sumberdaya petani, petani masih enggan mengikuti kelompok tani, petani mau bergabung kedalam kelompok tani tetapi kurang aktif.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/849 Implementasi Model Diamond Potter Dalam Daya Saing Usaha Sayuran Hidroponik di Sambas 2023-10-31T13:47:26+07:00 Dian Sari diansari17@gmail.com Uray Dian Novita diannovi_281182@yahoo.com Wilis Widi Wilujeng wiliswidi@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model diamond potter terhadap daya saing usaha sayuran hidroponik di Sambas.&nbsp; Penelitian dilakukan di Kabupaten Sambas. Responden yang di pilih dalam penelitian ini adalah berjumlah 7 respoden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakuan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.&nbsp; Teknik Analisis data menggunakan pendekatan fenomenologi dan teori Berlian Porter Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa daya saing sayuran hidroponik di Sambas di dasarkan pada kelima hal utama sebagai determinannya, yakni kondisi faktor meliputi Infrastuktur, sumber daya alam, modal, teknologi dan sumber daya manusia. kondisi permintaan meliputi jumlah pembeli dan preferensi konsumen. Industri Terkait dan Industri Pendukung meliputi Kerjasama dengan industri pendukung . Struktur, strategi, dan persaingan perusahaan meliputi Tingkat persaingan retail sayuran Hidroponik dan Strategi khusus dalam menghadapi persaingan.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/850 Strategi Pemasaran Tanaman Anggrek Melalui Digital Marketing 2023-10-31T13:47:54+07:00 Kitky Fradila Kodrata kitkyfradila59@gmail.com Ermawati Dewi ermawatidewi@unita.ac.id <p>Tanaman anggrek mempunyaiperanan yang besar pada bisnis perdagangan florikultur di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran tanaman anggrek melalui <em>digital marketing</em>. Populasi yang dijadikan obyek penelitian ini adalah pedagang tanaman anggrek yang memasarkan produknya menggunakan <em>platform</em> media sosial Facebook, Instagram, dan Tiktok.Teknik pengambilan sampeldilakukan secara <em>accidental sampling</em>dan berjumlah 30 responden. Data diperoleh dengan membagikan angket (kuesioner) melalui serangkaian pertanyaan kepada responden&nbsp; Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.&nbsp; Setelah dilakukan pembobotan diperoleh skore untuk menentukan posisi strategi pemasaran anggrek. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran tanaman anggrek melalui <em>digital marketing</em>adalah strategi SO yaitu strategi yang memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada. Strategi yang dapat meningkatkan peluang mengembangkan pemasaran dan menambah omset penjualan<em>.</em></p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/851 Analisis Nilai Tambah Sosis & Sempol Lele merk “ABLE” di Unit Pengolahan Ikan Kabupaten Kediri 2023-10-31T13:48:20+07:00 Erlin Widya Fatmawati erlin.widyaf@gmail.com Nastiti Winahyu nastiti.winahyu@uniska-kediri.ac.id Wahyu Aditya Pratama rydityapratama@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan nilai tambah produk sempol dan sosis ikan lele di Unit Pengolahan Ikan Kabupaten Kediri. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis perhitungan nilai tambah Hayami. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pelaku usaha pengolahan ikan lele di UPI Kabupaten Kediri. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari hasil perhitungan nilai tambah, disimpulkan bahwa nilai tambah produk sosis lele lebih kecil yaitu sebesar 41,87 persen, sedangkan produk sempol lele sebesar 53,38 &nbsp;persen. Hasil profit untuk sosis lele sebesar 32,23 persen, lebih kecil sempol lele yang mendapatkan profit sebesar 61,03 persen. Berdasarkan hasil analisis nilai tambah tersebut, dapat menjadi saran kepada UPI Kabupaten Kediri bahwa nilai tambah yang tinggi juga dapat memberikan nilai profit yang tinggi. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi dasar UPI untuk menjadikan produk olahan sempol lele untuk lebih banyak diproduksi agar profit juga lebih tinggi.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c)