PENGARUH LATAR BELAKANG PETANI BERALIH PROFESI MATA PENCAHARIAN MENJADI BURUH MIGRAN (TKI/TKW)

  • Herry Nur Faisal
Abstract views: 149 , PDF downloads: 485
Keywords: Petani, mata pencaharian, buruh migran

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan laju pertumbuhan penduduk terpesat di dunia. Salah satu akibatnya adalah pemenuhan kebutuhan pangan. Akan tetapi pada kenyataannya para para petani kita menghadapi tantangan yang cukup berat, selain tantangan dari alam, tantangan lainnya adalah dari sumber daya manusianya. Tantangan-tantangan tersebut berdampak pada tidak terpenuhinya kebutuhan para petani, sehingga sekarang ini banyak petani kususnya buruh tani banyak beraleh profesi matapencaharian menjadi buruh migran. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat pendidikan petani, rata-rata usia petani, rata-rata jumlah keluarga petani dan alasan-alasan petani beralih profesi matapencaharian menjadi buruh migrant (TKI/TKW). Penelitian dilakukan dengan menggunakan quiaioner dan wawancara kepada para responden. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata pendidikan petani tamat SD, rata-rata usia petani 30 tahun, jumlah keluarga rata-rata 4 orang dan para petani beralasan karena kebutuhan ekonomi dan untuk menaikan status social.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miles, B Matthew dan Michel Huberman., 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Diterjemahkan oleh Tjejep Rohadi. Jakarta: UI Press.

Moleong, J. Lexy. 2000., Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung

Scott, James C., 1994, Moral Ekonomi Petani, Pergolakan dan Subsistensi di Asia Tenggara, LP3ES, Jakarta.

Soekartawi, et al., 1986, Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil, UI Press, Jakarta.

Sunarti, 2006, Aspek Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Wanita/Tkw Dalam Perjajian Kerja, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Published
2015-06-25
How to Cite
Faisal, H. N. (2015). PENGARUH LATAR BELAKANG PETANI BERALIH PROFESI MATA PENCAHARIAN MENJADI BURUH MIGRAN (TKI/TKW). Jurnal BONOROWO, 1(2), 35-42. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i2.22
Section
Articles