AUDIT MANAJEMEN FUNGSI PRODUKSI DAN OPERASI PADA CV.LOGAM LESTARI DI DESA JATIMULYO TULUNGAGUNG

  • Marlena Marlena Universitas Tulungagung
Abstract views: 817 , PDF downloads: 7018
Keywords: audit manajemen, audit produksi dan operasi, tindakan perbaikan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah pelaksanaan fungsi produksi dan operasi pada CV. Logam Lestari berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.2) permasalahanapakah yang terjadi pada CV. Logam Lestari dan tindakan perbaikan apa yang dilakukan oleh fungsi produksi dan operasi. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini tidak menggunakan skala numerik.Menggunakan data primer yaitu dengan melakukan pengamatan (observasi) fungsi produksi dan operasi pada CV. Logam Lestari Tulungagung, dan juga melakukan wawancara terbuka dengan kepala bagian produksi dan operasi. Sedangkan data sekunder yang digunakan adalah data berupa bukti, dokumen, catatan atau laporan historis baik yang dipublikasikan atau yang tidak dipublikasikan CV. Logam Lestari Tulungagung,buku-buku teks literatur mengenai audit manajemen atas fungsi produksi dan operasi.

Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan fungsi produksi dan operasi telah dilaksanakan sesuai dengan prosedurmulai dari jadwalproduksi, penilaian atas tingkat persediaan, jadwal maintance, produktivitas dan nilai tambah, peralatan dan fasilitas produksi, pengendalian kualitas dan pengendalian barang jadi.2) Secara umum aktivitas produksi dan operasi pada CV. Logam Lestari telah efektif, namum masih terdapat beberapa permasalahan pada aktivitas produksi antara lain kurang efektifnya perencanaan target produksi, instruksi tertulis mengenai pemeliharaan dan perawatan peralatan produksi tidak ada, untuk memastikan proses produksi tidak akan terganggu, perusahaan juga tidak memiliki prosedur tertulis pengelolaan persediaan bahan baku sehingga CV. Logam Lestari perlu mengadakan beberapa tindakan perbaikan.

                                                                                                                                                     Abstract

This study aims to determine 1.) whether the exercise of the functions of production and operation in the CV. Logam Lestari run in accordance with established procedures.2.) The problem of what happens to the CV. Logam Lestari and what remedial action undertaken by the production function and operation.
The research approach used in this study is a qualitative approach because the study did not use a scale numerik. Using primary data is by making observations (observation) production function and operation of the CV. Logam Lestari Tulungagung, and also conduct an open interview with the head of production and operation. While the secondary data used is data in the form of evidence, documents, records or historical reports either published or unpublished CV. Logam Lestari Tulungagung, textbooks literature on the management audit of the production function and operation.
The results of this study were 1) implementation and operation of the production function has been implemented in accordance with the procedure from production schedules, assessment of inventory levels, maintance schedule, productivity and value added equipment and production facilities, quality control and control of finished goods.2) In general, the production activity and operations on the CV. Logam Lestari has been effective, yet there are still some problems in the production activities, among others, the lack of effective planning of production targets, written instructions regarding the care and maintenance of production equipment does not exist, to ensure the production process will not be interrupted, the company also does not have written procedures the management of inventories of raw materials so CV. Logam Lestari need to conduct some corrective action.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agoes, Sukrisno. 2012. Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Bayangkara, IBK. 2008. Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat

How to Cite
Marlena, M. (1). AUDIT MANAJEMEN FUNGSI PRODUKSI DAN OPERASI PADA CV.LOGAM LESTARI DI DESA JATIMULYO TULUNGAGUNG. Jurnal BONOROWO, 2(2), 117-125. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v2i2.64
Section
Articles