Main Article Content

Abstract

To determine the right selling price, bussinesses must calculate the cost of goods sold correctly. This study will investigate how an MSME in Queen Risoles in Trenggalek divides overhead costs. This research uses quantitative methodology by looking at the object of research directly. This study shows that factory overhead costs have an impact on the calculation of production costs, and due to differences in costs between departments, the charging of factory overhead costs is still not effective. The calculation results show that the selling price of risoles mayo is lower based on Queen Risoles' pricing than the analysis results.


Abstrak


Untuk menentukan harga jual yang tepat, bisnis harus menghitung harga pokok produk yang dijual dengan benar. Studi ini akan menyelidiki bagaimana sebuah UMKM di Queen Risoles di Trenggalek membagi biaya overhead. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan melihat objek penelitian secara langsung. Penelitian ini menunjukkan bahwa biaya overhead pabrik berdampak pada perhitungan biaya produksi, dan karena perbedaan biaya antar departemen, pembebanan biaya overhead pabrik masih belum efektif. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa harga jual risoles mayo lebih rendah berdasarkan penetapan harga Queen Risoles daripada hasil analisis.


 

Keywords

Biaya Produksi Harga Jual Biaya Overhead

Article Details

How to Cite
Rofi’ah, N., Rahmadia, V., & Sa’adah, N. (2024). ANALISIS HARGA JUAL DENGAN BIAYA OVERHEAD PABRIK PADA USAHA QUEEN RISOLES DI TRENGGALEK . JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 4(1), 275-282. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v4i1.1106

References

  1. Pagestu, R., Suryadi, & Fitriani. (2022). Analisis Biaya Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Menggunakan Metode Full Costing ( Study Kasus Pabrik Tahu Pak Agus Kota Metro). SNPPM (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun 2022, 4(1)((Gerakan Ekonomi Muhammadiyah)), 71–78. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/issue/view/8
  2. Rozi, F., & Shuwiyandi, K. (2022). Analisis Biaya Produksi Guna Menentukan Harga Jual Pt. Selera Rodjo Abadi Semarang. Worksheet: Jurnal Akuntansi, 1(2), 125–132. https://doi.org/10.46576/wjs.v1i2.2121
  3. Sepang, G., Ilat, V., & Maradesa, D. (2021). Analisis Alokasi Biaya Bersama Untuk Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Lidya Cake And Bakery Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 16(3), 287–298. https://doi.org/10.32400/gc.16.3.36387.2021
  4. Silvi, R. L. (2021). Peran Kewirausahaan Dan E-Commerce dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Di Desa Bumijawa. http://eprints.poltektegal.ac.id/id/eprint/776
  5. Susanti, N. A., Daing, A., & Aditya. (2023). Analisis Alokasi Biaya Overhead Pabrik atas Penentuan Biaya Produksi pada PT. Pabrik Gula Takalar. Journal of Applied Management and Business Research (JAMBiR), 3(2), 145–152. http://www.al-idarahpub.com/index.php/jambir