Main Article Content

Abstract

Making a profit is the business is a goal of a company. Break Even Point (BEP) analysis is a way to see how total costs, expected profits, and sales volume correlate with each other. In addition, this analysis provides information about the margin of safety. This helps management pinpoint and explain the decline in sales so that the managed business does not suffer losses. This study aims to calculate the amount of profit growth of UD Terassusu in December 2023 using break even point data analysis. The results showed that there was a difference between the value of money and the amount achieved each month. It is very important to remember that the sales of a good company are always greater than the break-even point, which means that the company can achieve its profit target.


Abstrak


Memperoleh keuntungan atau laba adalah tujuan bisnis suatu perusahaan. Analisis Break Even Point (BEP) adalah cara untuk melihat bagaimana total biaya, keuntungan yang diharapkan, dan volume penjualan berkorelasi satu sama lain. Selain itu, analisis ini memberikan informasi tentang margin keamanan. Hal ini membantu manajemen menunjukkan dan menjelaskan penurunan penjualan sehingga bisnis yang dikelola tidak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya pertumbuhan laba UD Terassusu pada bulan Desember tahun 2023 dengan menggunakan analisis data break even point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai uang dan jumlah yang dicapai setiap bulan. Sangat penting untuk diingat bahwa penjualan perusahaan yang baik selalu lebih besar daripada titik impas, yang berarti perusahaan dapat mencapai target keuntungannya.

Keywords

Perencanaan Break Even Point Laba Penjualan

Article Details

How to Cite
Nurlita, N., Wahyuni, K., & Sukma, R. (2024). ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA UD. TERASUSU.MONA12 DI TRENGGALEK . JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 4(1), 283-296. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v4i1.1108

References

  1. Basori, W. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia.
  2. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
  3. Limbong, C. H., Prayoga, Y., Rafika, M., Rambe, B. H., Ihsan, M. A. A., Ritonga, M., & Nasution, H. L. (2021). Buku Ajar Pengantar Akuntansi. Pena Persada, Purwokerto.
  4. Muh, N. E. B. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 1. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Penerbit Andi.
  5. Pangemanan, S. S., Ilat, V., & Buata, N. (2016). Analisis Perencanaan Laba Perusahaan melalui Penerapan Break Even Point pada PT. Tira Austenite Tbk Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1), 2488.
  6. Ponomban, C. P. (2013). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencanaan Laba pada PT. Tropica Cocoprima. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
  7. Rahman, W., & Saudin, L. (2022). Bahan ajar sistem informasi manajemen.
  8. Rochaety, E., & Faizal Ridwan, T. S. (2013). Sistem Informasi Manajemen.
  9. Sumarlin, T. (2021). Dasar Akuntansi Keuangan. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–98.