Main Article Content

Abstract

Abstract


The research aims to determine the definition of e-commerce, the development of e-commerce in the Shopee application, to know the implementation of the Management Information System used in the implementation of buying and selling activities at Shopee E-Commerce by collecting and managing all data from the various features provided, summarizing and then facilitating and improve the quality of decision making to increase the productivity and profitability of E-Commerce Shopee, so that it can be implemented in a more systematic and structured manner. E-commerce is an act of buying and selling electronically using the internet as a medium, and Shopee is one of them. There are at least 4 Management Information Systems on Shopee. The Strengths and Weaknesses and Challenges faced by Shopee will be discussed further. The research method used is a qualitative method with a literature study. The data collection technique used is literature study. The data source used is secondary data in the form of an overview of various references about E-Commerce Shopee, the features provided and the type of Management Information System at Shopee. The results of the study indicate that there are several problems that must be faced so that improvements are needed, especially in the management information system that is being implemented.


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengertian e-commerce, perkembangan e-commerce pada aplikasi shopee, mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen yang digunakan dalam penyelenggaraan aktivitas jual beli pada E-Commerce Shopee dengan mengumpulkan dan mengatur semua data dari berbagai fitur yang disediakan, meringkas kemudian memfasilitasi dan meningkatkan kualitas dari pengambilan keputusan untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas E-Commerce Shopee, sehingga bisa diimplementasikan secara lebih tersistem dan terstruktur.  E-commerce merupakan suatu tindakan proses jual dan beli secara elektronik menggunakan internet sebagai medianya, dan Shopee adalah salah satunya. Sedikitnya ada 4 Sistem Informasi Manajemen pada Shopee. Kelebihan dan Kelemahan serta Tantangan yang dihadapi Shopee akan dibahas lebih lanjut.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi pustaka. Sumber data yang dipakai adalah data sekunder berupa gambaran umum dari berbagai referensi tentang E-Commerce Shopee, fitur yang disediakan dan jenis Sistem Informasi Manajemen di Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi sehingga perlu adanya perbaikan khususnya pada sistem  informasi manajemen yang dijalankan.

Keywords

Sistem Informasi Manajemen E-Commerce Shopee

Article Details

How to Cite
Nadillah Tiara Waty S., Thalita Elsa Pramudita, & Indah Novita Sari. (2021). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pada E-Commerce Shopee. JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 1(1), 40-57. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v1i1.420

References

  1. (PDF) Pengantar Konsep Sistem dan Teknologi Informasi _ Richardus Eko Indrajit - Academia. (n.d.).
  2. Adani, M. R. (2020). Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh. In Sekawan Media (pp. 1–1). https://www.sekawanmedia.co.id/sistem-informasi-manajemen/
  3. ALONA. (2018). Keuntungan, Cara, Dan Tips Jualan Di Shopee. In Www.Alona.Co.Id. https://www.alona.co.id/bisnis/keuntungan-cara-dan-tips-jualan-di-shopee/
  4. Army, A. P. (2013). Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (p. 3). http://id.wikipedia.org/wiki/Riset
  5. Bella, A. (2017). CCO Shopee Bocorkan Strategi Bisnis Shopee ke Depan. In Marketeers (p. 1). https://marketeers.com/cco-shopee-bocorkan-strategi-bisnis-shopee-ke-depan/
  6. Gesah, R., & Prabowo, M. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Pengembangan Sistem. Journal Article, 19.
  7. Kementerian Komunikasi dan Informatika. (n.d.). https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Intern et+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
  8. Kusumaningrum Dina. (2017). Tiga Tantangan yang Dihadapi E-Commerce Shopee. In New Economy Digital Economy. https://www.wartaekonomi.co.id/read134357/tiga-tantangan-yang-dihadapi-ecommerce-shopee.html
  9. Nayoan, A. (2021). Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya! In Niagarahoster (p. 1). https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/
  10. Studi Kasus Shopee – STEFAN BLOG. (n.d.).