Main Article Content

Abstract

ABSTRACT


This research was conducted at CV Company. Tulungagung Prosperous Partner Source. This study aims to determine the marketing strategy used by CV. Sumber Mitra Sejahtera to survive the pandemic. The research uses qualitative methods with a case study approach, by collecting data using interview techniques, direct observation and documentation. To test the credibility of the data using data source triangulation and data collection technique triangulation. Data sourced from interviews, namely participants who have positions and authority on research objects based on principles (appropriateness) and adequacy (adequacy).


The results of this study indicate that the strategies implemented in an effort to survive in a business during a pandemic are using Product, Promotion, Location, Price, People, Process, Physical Evidence strategies. The obstacles encountered during the pandemic experienced a decline in sales due to government regulations to close face-to-face learning activities so that orders from consumers dropped dramatically. The solution to dealing with pandemic constraints is by continuing to maintain product quality as much as possible and relying on online promotional media.


 


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan CV. Sumber Mitra Sejahtera Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan CV. Sumber Mitra Sejahtera untuk bertahan dimasa pandemi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi lansung serta dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Data yang bersumber pada wawancara yaitu partisipan yang memilki posisi serta kewenangan pada objek penelitian yang didasarkan pada prinsip (appropiateness) dan kecukupan (adequacy).


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang diimplementasikan dalam upaya bertahan usaha di masa pandemi dengan menggunakan strategi Produk, Promosi, Lokasi, Harga, Orang, Proses, Bukti Fisik. Kendala yang ditemui pada saat pandemi mengalami penurunan penjualan dikarenakan peraturan dari pemerintah untuk meliburkan kegiatan belajar tatap muka sehingga pesanan dari konsumen menurun drastis. Solusi untuk menghadapi kendala pandemi dengan cara tetap sebisa mungkin mempertahankan kualitas produk dan mengandalkan media promosi secara online.


 


Kata kunci : Strategi Marketing,Pertahanan ekstensi,Pemasaran

Keywords

Strategi Marketing Pertahanan ekstensi Pemasaran

Article Details

How to Cite
putri intan. (2022). STRATEGI BISNIS DALAM MENGHADAPI KENDALA DI ERA PANDEMI DAN ENDEMI COVID-19 PADA PERUSAHAAN CV. SUMBER MITRA SEJAHTERA TULUNGAGUNG. JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 2(1), 63-70. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v2i1.620

References

  1. TEORI DAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN
  2. Oleh Sufyati HS , Hamdan Firmansyah, Nur Ika Effendi, Nurmahadi, Erny Rachmawati, Hendra Galuh Febrianto, Caroline, Riswan Aradea, Yani Sugiyani, Dede Djuniardi, Amalia Indah Fitriana , Fidya Arie Pratama, Septina Dwi Retnandari, Nurhayati, Frans Sudirjo, Udik Jatmiko
  3. Dunan, H., & Afandi, A. (2021). Analisis Strategi Bisnis Toko Meubel Chandra Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Bandar Lampung. Retrieved from https://osf.io/preprints/s42yc/
  4. Gesah, R., & Prabowo, M. (2019). Manajemen Strategi Penulis: Rachmad Gesah Mukti Prabowo. INA-Rxiv Paper.
  5. Sipayung, S. M. N. (2021). Analisis Strategi Bisnis pada Kedai Kopi Aceh Kuphi Medan.
  6. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 148–153. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.785
  7. Ui, F. E. (2010). apa yang akan ditawarkan, dan bagaimana mengalokasikan sumber daya perusahaan. Tujuan utama dari strategi adalah untuk menciptakan nilai bagi. 9–31.
  8. Widiyanti, S. D. (2020). Analisis Strategi Bisnis dengan Menciptakan Brand Awareness untuk Meningkatkan Customer Satisfaction (Studi Kasus KONNUKONI Kopi). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.