Main Article Content

Abstract

Abstract


This study aims to determine the effect of PLUT service quality and assistance on increasing MSME sales in Tulungagung. This research uses a mix method research type (mixed method) quantitative and qualitative. The test results prove that the results of data analysis: 1) Service Quality Variable (X1) has no effect on Sales Increase (Y). Evidenced by the results of the t test which obtained a tcount of 2.649 > ttable of 2.05183 with a significance value smaller than the probability value of 0.015 <0.05 so it can be concluded that service quality has no effect on increasing sales. 2) There is a positive influence on the mentoring variable (X1) on increasing sales (Y). Evidenced by the results of the t test which obtained a tcount value of 1.877 > ttable 1.703 so it can be concluded that Mentoring has an effect on increasing MSME sales in Tulungagung. 3) Quality of Service and Assistance together have no effect on Sales Increase as evidenced by the results of the fcount test 2.146 > ftable 3.35 and a significance value of 0.136.


Keywords: Service Quality, Assistance, and SMEsCo.


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan pendampingan PLUT terhadap  peningkatan  penjualan  UMKM  di Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method (metode campuran) kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengujian membuktikan  bahwa hasil analisis data : 1) Variabel Kualitas Pelayanan (X1) tidak berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan (Y). Dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai thitung 2,649 > ttabel 2,05183 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas yaitu sebesar 0,015 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan. 2) Adanya pengaruh yang positif terhadap variabel pendampingan (X1) terhadap Peningkatan Penjualan (Y). Dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai thitung 1,877 > ttabel 1,703 sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendampingan berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung. 3) Kualitas Pelayanan dan Pendampingan secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan yang dibuktikan dengan hasil uji fhitung 2,146 > ftabel 3,35 dan nilai signifikansinya sebesar 0,136.


Kata kunci: Integritas, Kualitas Pelayanan, Pendampingan, dan UMKM

Keywords

Integritas Kualitas Pelayanan, Pendampingan UMKM

Article Details

How to Cite
ANANDA, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENDAMPINGAN PLUT TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI TULUNGAGUNG. JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 3(2), 255-264. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v3i2.976

References

  1. Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94–99.
  2. Astutiningrum, A. I. (2019). Pengaruh Pelatihan, Pendampingan, Dan Pembinaan Pemerintah Kota Semarang Terhadap Keberhasilan Umkm Kecamatan Semarang Utara. Skripsi Universitas Negri Semarang.
  3. Chaniago, H. (2020). Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga pada loyalitas Konsumen nano store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.
  4. Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 1(1), 9–18.
  5. Novitasari, D. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu Takwa. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(1), 55–63.
  6. PRABOWO, P. I. (2020). PENGARUH SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN PEMBINAAN PLUT-KUMKM TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG.
  7. Rahmiyanti, D., & Sari, D. (2022). Pengaruh Pelatihan, Pendampingan, dan Pembinaan PLUT-KUMKM Kota Kupang Terhadap Peningkatan UMKM. Al-Buhuts Volume 18 Nomor, 1.