Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja, termasuk dalam pemilihan tempat pembelian barang salah satunya pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi pasar tradisional saat ini dengan fokus pada penjual pakaian yang tergolong UMKM, serta menganalisis dampak dari meningkatnya popularitas belanja online. Tiga fokus utama penelitian ini mencakup, 1) dampak kehadiran e-commerce terhadap kelangsungan usaha penjual pakaian di pasar tradisional, 2) penyebab menurunnya jumlah pengunjung pasar tradisional, dan 3) faktor-faktor yang memengaruhi preferensi konsumen dalam memilih antara belanja online dan offline. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada segmen konsumen berusia 17–30 tahun, yang dipilih karena termasuk kelompok usia produktif dan paling aktif dalam mengikuti tren fashion serta teknologi digital. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas responden memilih berbelanja secara online karena alasan kenyamanan, kemudahan akses, promo harga, dan keberagaman produk. Namun, sebagian responden tetap memilih berbelanja di pasar tradisional untuk mendapatkan pengalaman langsung, seperti mencoba produk dan tawar-menawar harga dengan penjual. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku UMKM di pasar tradisional agar mampu mengembangkan strategi bisnis yang adaptif dan berbasis digital guna mempertahankan daya saing di era transformasi pasar.

Keywords

Pasar Tradisional UMKM Belanja Online Preferensi Konsumen

Article Details

Author Biography

Fadila Claudia Pramesti, 089630510755

Student of the Department of Mechanical and Industrial Engineering, Industrial Engineering Undergraduate Program

How to Cite
Pramesti, F. C., Febriana, R. D. F., & Isworo, E. I. I. (2025). Analisis Dampak ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN E-COMMERCE TERHADAP PREFERENSI MINAT KONSUMEN PADA KELANGSUNGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR TRADISIONAL: ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN E-COMMERCE TERHADAP PREFERENSI MINAT KONSUMEN PADA PASAR TRADISIONAL. JIMBIEN : JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN, BISNIS, ENTREPRENEURSHIP, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.36563/jimbien.v4i1.1560

References

  1. Ali, H., Hamdan, H., & Mahaputra, M. R. (2022). Faktor Eksternal Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness pada Aplikasi Belanja Online: Adopsi Technology Accepted Model. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(3), 587–604.
  2. Arianto, B. (2021). Pandemi Covid-19 dan transformasi budaya digital di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(2), 233-â.
  3. Asdar, M. (2022). Manajemen Pemasaran Digital Kunci Sukses Masa Depan. Penerbit NEM.
  4. Gaol, A. V. L., Assafira, Q., Putri, K. S. R., & Permana, E. (2025). ANALISIS PEMANFAATAN FINTECH PADA GENERASI Z DALAM BELANJA ONLINE. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 6(2).
  5. Hartono, R. (2025). Dampak Perubahan Perilaku Konsumen terhadap Kelangsungan Usaha Ritel Tradisional: Studi Kasus Pasar Sentral Pemangkat Kalimantan Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 1–8.
  6. Imani, M. F., Fikri, M. K., & Filzah, A. (2022). Pengaruh kreatif, inovasi dan strategi pemasaran terhadap peningkatan daya beli konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138.
  7. Milyane, T. M., Darmaningrum, K., Natasari, N., Setiawan, G. A., Sembiring, D., Fitriyah, N., Sutisnawati, A., Sagena, U., Nurhayati, S., & Indriana, I. H. (2023). Literasi Media Digital. Penerbit Widina.
  8. Nasution, U. H., & Junaidi, L. D. (2024). Metode penelitian. Serasi Media Teknologi.
  9. Noor, H. R. Z. Z. (2020). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif: petunjuk praktis untuk penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi: tahun 2015. Deepublish.
  10. Nugraha, P. P. (2023). Korelasi Ramalan Joyoboyo Pasar Ilang Kumandange Terhadap Pemasaran Digital di Era Marketing 4.0 Di Indonesia. Bangun Rekaprima, 9(1), 75–87.
  11. Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media.
  12. Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. Uki Press.
  13. Susanto, D. A., & Purwanto, E. (2019). Pengembangan theory of reasoned action untuk penelitian online shopping intention: Sebuah kerangka teoritis. Technology Adoption: A Conceptual Framework, 1–30.
  14. Utami, C. S. M., Setiawati, N. A., & Maryuni, Y. (2023). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tengah Perubahan Global: Membangun Bisnis Online Menghadapi Kompetitor. Jurnal Sejarah Indonesia, 6(2), 91–104.
  15. Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics: strategi revitalisasi umkm menggunakan teknologi digital di tengah pandemi covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 47–59.