PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN UPTD PUSKESMAS GAMPENG KABUPATEN KEDIRI
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to explain the level of influence of education (X1) and professional training (X2) on employee performance (Y). UPTD Gampen Health Center, Kediri Regency. By explaining how much influence it has on employee performance. The survey carried out was a survey with a quantitative approach, the sampling technique used the saturated sample method, from 35 employees used as respondents. The results of the data for this study were obtained through interviews and questionnaires. The technique or method of data analysis used is plausibility test, classic hypothesis test, reliability test, multiple linear analysis, hypothesis testing, and the coefficient of determination. From the results of the field research conducted, it was found that the variable level of education (X1) and job training (X2) greatly influenced the work skills of employees (Y). This work produces a number of linear regression equations in the form of Y = 9.677 + 0.633 X 1 + 0.315 X 2 . The results of the t test for the education level variable were obtained as Sig = 0.002 <0.05. For vocational training, the variable value is Sig = 0.003 <0.05. The results of the F test showed that Sig. = 0.000 <0.05 and the R2 (R-squared) result was 0.305 or (30.5%). From the results of the calculations and analysis carried out, it can be concluded that the level of education (X1) and professional training (X2) has a significant effect on employee performance (Y) UPTD Gampeng Health Center, Kediri Regency.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tingkat pengaruh pendidikan (X1) dan training profesional (X2) terhadap kinerja karyawan (Y). UPTD Puskesmas Gampen Kabupaten Kediri. Dengan menjelaskan seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Survei yang dilaksanakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan cara metode sampel jenuh, dari sebanyak 35 karyawan digunakan sebagai responden. Hasil data untuk penelitian ini didapatkan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik atau cara analisis data yang digunakan adalah uji plausibilitas, uji hipotesis klasik, uji reliabilitas, analisis linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian lapangan yang dilakukan diperoleh bahwa variabel tingkat pendidikan (X1) dan training kerja (X2) sangat berpengaruh terhadap keahlian kerja pegawai (Y). Karya ini menghasilkan sejumlah persamaan regresi linier berupa Y = 9,677 + 0,633 X 1 + 0,315 X 2 . Hasil uji t untuk variabel tingkat pendidikan didapatkan seperti nilai Sig = 0,002 < 0,05. Untuk pelatihan kejuruan variabelnya nilai Sig = 0,003 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Sig.= 0,000 < 0,05 dan hasil R2 (R-squared) sebesar 0,305 atau (30,5%). Dari hasil perhiutngan dan analisis yang dilakukan bisa disimpulkan bahwa tingkat pendidikan (X1) dan training profesi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) UPTD Puskesmas Gampeng Kabupaten Kediri.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariandja, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai) (5th ed.). Grasindo.
Herlina, E. S., Koswara, D., & Kurniady, D. A. (2016). Pengaruh Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Jurnal ADPEND, 1(1), 53–70.
Jarome, S. A. (2006). Pendidikan Berbasisis Mutu Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Pustaka Pelajar.
Jogiyanto, H. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman (6th ed.). BPFE.
Junaidi, Herawati, H., & Hidayatullah, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Di Puskesmas Besuk Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ecobuss, 4(2), 61–75.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. PT. Remaja Rosdakarya.
Priyatno, D. (2016). SPSS Handbook Analisis Data, Olah Data, & Penyelesaian Kasus- Kasus Statistik.
Mediakom.
Putri, A. R. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Serta Promosi Jabatan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryadi, A. (2002). Pendidikan, Investasi SDM, dan Pembangunan : Isu, Teori, dan Aplikasi. Balai Pustaka.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadamedia Group.
Suwatno, & Priansa. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. UPI Press.