Promosi dan Pengembangan Strategi Pemasaran Online UMKM di Era Digital Kelurahan Madiun Lor Kota Madiun

Authors

  • Diyah Santi Hariyani Universitas PGRI Madiun
  • Kristiani Agustiningsih Universitas PGRI Madiun
  • Sri Wahyuni Universitas PGRI Madiun
  • Aktri Phonistyawati Universitas PGRI Madiun
  • Indah Dwi Jayanti Universitas PGRI Madiun
  • Santy Mei Rahmawati Universitas PGRI Madiun
  • Chrisna Dwiantono Fadhillah Universitas PGRI Madiun
  • Satriyo Ageng Prabowo Universitas PGRI Madiun
  • Asri Manunggal Universitas PGRI Madiun
  • Satria Ari Pradana Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.36563/pengabdian.v3i2.811

Keywords:

Promosi, Media Sosial, Strategi Pemasaran, Era Digital, Kelurahan Madiun Lor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih lanjut terkait permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM di era pemasaran digital, yaitu dengan mengembangkan strategi pemasaran via online. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan observasi dan wawancara langsung kepada pengelola Lapak dan pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Madiun Lor Kota Madiun. Program kerja yang dilaksanakan meliputi mendesain ulang buku menu di Lapak Pesona, pengembangan web Kelurahan, sekaligus mempromosikan produk khas Lapak Pesona yaitu air mineral dan membantu pelaku usaha UMKM “Wingko Kape” dalam penerbitan NIB dan publikasi di Google Maps.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, A., Hariyani, D. S., Jarwa, T., Murniyati, D., & Asnul, M. (2022). Pemasaran Online Dengan Media Web UMKM Kripik Tempe Sidodadi ,. 01, 62–67.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.
Kelompok 3. (2023). Hasil Wawancara Pengelola Lapak Pesona.

Kerta, W. M. wisesa, Dania, L. A. R., Fibrianti, T. B., Ishaq, R. Z., Rini, R. N. A., & Abdillah, F. M. (2022). Upaya Pengembangan Umkm Digital Keripik Tempe Pa-da Industri Kecil Di Desa Balet Baru Kecamatan Su-kowono. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 3(1), 29–32. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v3i1.7982

Marginingsih, R. (2021). Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sebagai Kebijakan Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 110–116. https://doi.org/10.31294/moneter.v8i2.10997

Soleha, A. R. (2020). Kondisi UMKM Masa Pandemi Covid-19 Pada Pertumbuhan Ekonomi Krisis Serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Ekombis, 6(2), 165–178.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (2nd ed.). Alfabeta.

Yuliani, N., & Novita, D. (2022). Santripreneur Sebagai Pilar Utama Ekonomi Pasca Pandemi Dalam Menciptakan Santri Yang Unggul Dan Handal. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.36080/jk.v2i1.17

Downloads

Published

2023-11-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

Promosi dan Pengembangan Strategi Pemasaran Online UMKM di Era Digital Kelurahan Madiun Lor Kota Madiun. (2023). JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 3(2), 50-58. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v3i2.811

Most read articles by the same author(s)