ANALISA INDEKS KEPUASAN PADA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TULUNGAGUNG

  • Budi Prasetyo Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung
Abstract views: 202 , PDF downloads: 137
Keywords: indeks kepuasan, perpustakaan, unsur layanan

Abstract

Dua hal penting yang merupakan fokus dari perpustakaan modern dewasa ini yaitu kepuasan pengguna dan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja perpustakaan. Perpustakaan diharapkan mampu berperan aktif dalam menunjang kegiatan pendidikan dan pengajaran dengan cara mengumpulkan, mengolah, menyimpan, menyajikan dan menyebarluaskan informasi berupa bahan cetak maupun non cetak untuk pengguna ( civitas akademika ) sesuai dengan kebutuhannya. Layanan perpustakaan Tulungagung kepada penggunanya diukurIndeks Kepuasan Pengguna bernilai 66,4205 dengan kategori tingkat layanan adalah baik (B). Hal ini berarti bahwa layanan yang selama ini diberikan oleh perpustakaan telah memberikan kepuasan kepada pengguna perpustakaan. Unsur layanan yang paling memuaskan bagi para pengguna adalah unsur kemampuan petugas layanan (U9) dengan nilai 3,2. Unsur layanan ini telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna layanan pada perpustakaan Tulungagung. Unsur layanan yang menduduki nilai terendah adalah unsur kelengkapan koleksi(U7) dengan nilai 2,2, unsur keakuratan teknologi informasi (TI) (U6) dengan nilai 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagyo, Yupono, 2003, Statistika: Untuk Penelitian Ekonomi dan Sosial, Penerbit Bayumedia Publishing,sl

Barata, Atep Adya, 2003, Dasar-dasar Pelayanan Prima, Cetakan Kedua,Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta

Bungin, M. Burhan, Prof. Dr. H. S.Sos. M.Si., 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Cetakan Ketiga, Penerbit Kencana, Jakarta

Irianto, Agus, Prof. Dr. H., 2004, Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Cetakan Keempat, Kencana, Jakarta.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan Keempat, Penerbit RajaGrafindo Persada, Jakarta

Rahayuningsih, F, 2007, Pengelolaan Perpustakaan, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

Riduwan.Drs.M.B.A. dan Akdon, Prof. Dr. M.Pd.,2005, Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Cetakan Kedua, Penerbit Alfabeta, Bandung

Septiyantono, Tri, 2007, Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Penerbit Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab, Yogyakarta

Soeatminah, 1992, Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan, Cetakan Kedua, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Sukardi, Prof. Ph.D., 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Cetakan Ketiga, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Sulistyo-Basuki, 1991, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Penerbit Gramedia Pustaka, Jakarta

Sumardji, P, Drs., 1988, Perpustakaan: Organisasi dan Tatakerjanya, Cetakan Kelima, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Sutarno NS, 2006, Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Sagung Seto, Jakarta.

Sutopo, Drs. MPA., 2006, Pelayanan Prima: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III, Edisi III, Penerbit Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Published
2013-12-01
How to Cite
Prasetyo, B. (2013). ANALISA INDEKS KEPUASAN PADA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TULUNGAGUNG. Jurnal BONOROWO, 1(1), 44-57. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i1.1
Section
Articles