ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI SELEKTIF AGEN DAN SUB AGEN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Area Pemasaran Kabupaten Blitar)

  • Nurani Nurani
Abstract views: 918 , PDF downloads: 4268
Keywords: Saluran distribusi selektif, agen, sub agen dan penjualan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi selektif agen dan sub agen terhadap volume penjualan pada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Area Pemasaran Kab. Blitar baik secara bersama-sama maupun secara partial dan untuk mengetahui pengaruh paling dominan diantara saluran distribusi agen dan sub agen terhadap volume penjualan.Subyek dalam penelitian ini adalah bagian pemasaran pada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Area Pemasaran Kabupaten Blitar, yang berkaitan dengan usaha peningkatan volume penjualan dengan menggunakan pertimbangan jumlah distribusi agen dan sub agen.Metode penelitian menggunakan studi kasus, yakni untuk menjelaskan pengaruh variabel independen (bebas) yang terdiri dari distribusi agen dan sub agen terhadap variabel dependen (terikat) volume penjualan.Hasil penelitian adalah PT.CharoenPokphandIndonesiaTbk.(CPI) didirikan pada tahun 1972 di Ancol,JakartaUtara,sebagaiperusahaanJoint Venture (JV) yang bergerak dalam bidangagrobisnisdengankegiatanusahautamadalambidangproduksipakanunggas danpembibitanunggasuntukdipasarkanke pasardomestik. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Area Pemasaran Kabupaten Blitar adalah usaha meningkatkan volume penjualan dengan memperhatikan saluran distribusi  selektif agen dan sub agen.Saluran distribusi selektif melalui agen dan sub agen, mempunyai pengaruh yang kuat terhadap volume penjualan yang ditunjukkan dari besarnya R Square sebesar 0.973, yang berarti saluran distribusi melalui agen dan sub agen berpengaruh sebesar 97.30% terhadap volume penjualan, sementara 2,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.Dari hasil uji F diketahui besarnya Ftabel = 9.55, Fhitung = 123.868 (Fhitung > Ftabel) dan besarnya p = 0,0000 (p < 0.05) berarti ada pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi melalui agen dan sub agen terhadap volume penjualan secara bersama-sama (simultan).Pengaruh secara parsial dari saluran distribusi selektif melalui agen dan sub agen terhadap volume penjualan yang ditunjukkan dari besarnya R partial untuk agen  (X1) = 0.689 atau 68.90%, R partial untuk sub agen (X2) = 0.692 atau 69.20%, sehingga saluran distribusi melalui sub agen lebih berpengaruh dibandingkan dengan saluran distribusi selektif melalui 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Antoni K. Muda, 2003, Kamus Lengkap Ekonomi, Gitamedia Press, Jakarta

Arikunto, S, 1999, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta

Carthy, Mc dan Perreouk, William, 1998, Intisari Pemasaran Sebuah Ancangan Manajemen Global Jilid II, Bina Aksara, Jakarta

Engel, 2000, Perilaku Konsumen Jilid I, Binaupa Aksara, Jakarta

Hadi, S, 2000, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta

___________, 1999, Analisa Regresi, Andi Offset, Yogyakata

Kartono, K, 2000, Pengantar Metodologi Riset Pemasaran, Alumni, Bandung

Kotler, P, 1999, Manajemen Pemasaran (Marketing Management 9e) Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian Jilid I, Prenhallindo, Jakarta

Kotler, P, 2000, Manajemen Pemasaran (Marketing Management 9e) Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian Jilid II, Prenhallindo, Jakarta

___________, 1999, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi Dan Pengendalian Jilid I, Erlangga, Jakarta

Kunjoroningrat, 2000, Metodologi Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta

Marzuki, 1999, Metode Research, BPFE UII, Yogyakarta

Sumarni, M dan J. Soeprihanto, 1998, Pengantar Bisnis Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan, Liberty, Yogyakarta

Swasta, B., 1998, Manajemen Penjualan, BPFE, Yogyakarta

Umar, H., 1997, Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran, PT. Gramedia, Jakarta

Wahana Komputer, 2004, Pengolahan Data Statistik dengan SPSS 12, Andi Ofset, Yogyakarta

Winardi, 1991, Marketing Dan Perilaku Konsumen, Mandar Maju, Yogyakarta

Published
2015-06-25
How to Cite
Nurani, N. (2015). ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI SELEKTIF AGEN DAN SUB AGEN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Area Pemasaran Kabupaten Blitar). Jurnal BONOROWO, 1(2), 23-34. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i2.12
Section
Articles