PENGARUH NILAI INFORMASI, ISI PESAN DAN DORONGAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UD. SAUDARA SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

  • Nurani Nurani
Abstract views: 33 , PDF downloads: 8
Keywords: nilai informasi, isi pesan dan dorongan iklan.

Abstract

Abstrak

Salah satu pendekatan yang secara langsung dapat mempengaruhi sikap konsumen tanpa perlu mengubah kepercayaan konsumen terhadap produk adalah melalui iklan. Ini dilakukan oleh pemasar dalam rangka membujuk konsumen membeli produk dengan merek tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para konsumen mengembangkan sikap mereka terhadap iklan, seperti sikap para konsumen terhadap suatu produk. Sikap konsumen terhadap iklan dapat mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek suatu produk. Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen melalui iklan adalah meliputi : nilai informasi, isi pesan dan dorongan iklan. Ketiga faktor tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Saudara Sumbergempol Tulungagung. Berkaitan pengaruh sikap konsumen melalui iklan terhadap keputusan pembelian produk pada UD. Saudara Sumbergempol Tulungagung, maka penulis melakukan penelitian pada konsumen karena mengingat perusahaan ini memiliki pelanggan yang banyak dan selain itu rata-rata konsumen memiliki minat dalam pembelian UD. Saudara Sumbergempol Tulungagung, oleh karena itu untuk melihat sejauh mana sikap konsumen terhadap keputusan pembelian pada UD. Saudara Sumbergempol Tulungagung, maka akan dilakukan penilaian terhadap sikap konsumen mengenai keputusan pembelian.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sikap konsumen melalui iklan yang terdiri dari nilai informasi, isi pesan dan dorongan iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Saudara Sumbergempol Tulungagung secara simultan (bersama-sama) maupun parsial serta mencaria variabel independen yang dominan.Sebagai obyek penelitian adalah konsumen yang datang dan melakukan pembelian pada UD. Saudara Sumbergempol, Tulungagung.Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasional, yakni untuk menjelaskan hubungan antara peubah bebas dengan peubah terikat melalui pengujian hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen melalui iklan (nilai informasi, isi pesan, dorongan iklan) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk di UD Saudara Sumber-gempol Tulungagung. Hal ini didasarkan dari hasil uji F dimana Fhitung>Ftabel(44.099> 2,81).Variabel independen (nilai informasi, isi pesan, dan dorongan iklan) mempunyai pengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian konsumen pada UD Saudara Sumbergempol Tulungagung.Variabel independen (nilai informasi, isi pesan, dan dorongan iklan) yang secara parsial memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) adalah variabel dorongan iklan. Hal ini didasarkan dari hasil uji  thitung  > ttabel yaitu 4.58 > 1,684.

Abstract

 

 

One approach that can directly affect the attitude of consumers without the need to change consumer confidence in the product is through advertising. This is done by marketers in order to persuade consumers to buy a product with the brand.

The results showed that consumers develop their attitudes toward advertising, like the attitude of consumers towards a product. Consumer attitudes toward advertising can influence consumer attitudes toward the brand of a product. Where the factors that influence consumer attitudes through advertising is included: the value of information, content and advertising boost. All three of these factors influence the purchasing decisions at UD.Saudara Sumbergempol Tulungagung. Related attitudes influence consumers through advertising on product purchasing decisions at UD.Saudara Sumbergempol Tulungagung, the authors conducted research on consumers because this company has given customers a lot and besides that the average consumer has an interest in purchasing UD.Saudara Sumbergempol Tulungagung, therefore, to see the extent to which consumer attitudes towards purchasing decisions at UD. Saudara  Sumbergempol Tulungagung, there will be an assessment of consumer attitudes regarding purchasing decisions.

The purpose of this study was to analyze the influence of consumer attitudes through advertising which consists of the value of the information, content and advertising boost influence on purchase decisions atUD. Saudara Tulungagung Sumbergempol simultaneously (together) as well as partial and dominan. The independent variables studied were the consumers who come in and make a purchase at UD. Saudara Sumbergempol, Tulungagung. Desain study is a correlational research design, which is to explain the relationship between independent variables and the variables bound through testing hipotesis. Result of  research shows that the factors that influence consumer attitudes through advertising (the value of the information, content, advertising boost ) positively influences consumer decision in purchasing a product in the civil UD Saudara Sumbergempol Tulungagung. It is based on the test results F where F count> F table (44 099> 2,81) independent .Variabel (the value of the information, content, and boost advertising) have influence simultaneously (together) on consumer purchasing decisions at UD. Saudara Sumbergempol Tulungagung.Variabel independent (the value of the information, content, and boost  advertising) which partially has the most dominant influence on the dependent variable (purchase decisions) is variable boost advertising. It is based on the test results tcount> ttable is 4:58> 1.684.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah 2002, Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Graha Ilmu, Jakarta

Engel, et all. 2000. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid I. Binarupa Aksara, Jakarta

Ferrinadewi Ema, 2008, Merek & Psikologi Konsumen, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta

Firdaus, Muhammad, 2008, Manajemen Agribisnis, cetakan pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta

Ghosali Iman, 2006, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Badan Penerbit : Universitas Diponegoro, Jakarta

Jonathan Sarwono. 2010. Teori Analisis, Mengenal Analisis Korelasi, (online).(http://www.jonathansarwono.info)/,diakses 4mei 2012)

Junaidi Chaniago,2008. Transformasi Data Ordinal Ke Interval dengan Exel kasus kategori Tidak Terisi. Junaidi.FE-UNJA,(online). (http://junaidichaniago.wordpress.com, diakses 4 Mei 2012)

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prenhallindo, Jakarta

_________.2005.Manajemen Pemasaran. Edisi 11 jilid 2. Alih bahasa : Benyamin Molan. Penerbit Indeks. Jakarta

Machfoedz, Mahmud, 2005, Pengantar Pemasaran Modern, cetakan pertama, Penerbit: UPP-AMP YKPM, Yogyakarta

Morrison, M.A, 2010, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, cetakan pertama, Penerbit : Kencana Prenada Media Group

Oesman, Marty Yevis, 2010, Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Customer

Purwanto, Djoko, 2006, Komunkasi Bisnis, edisi ketiga, Penerbit : Erlangga. Jakarta

Rangkuti Freddy, 2004, Flexible Marketing, Teknik Agar Tetap Tumbuh dalam Situasi Binis yang Bergejolak dan Analisis Kasus, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ridwan dan Akdom, 2007, Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik, cetakan kedua, Penerbit: Alfabeta, Bandung

Sekaran, Uma, 2006, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, edisi keempat, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta

Simamora, Bilson, 2008, Panduan Riset Perilaku Konsumen, cetakan ketiga, Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Administrasi, dilengkapi dengan Metode R&D, edisi revisi cetakan ketujuhbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Subagyo Ahmad, 2010, Marketing In Business, Studi Kasus UMK & LKM, edisi pertama, Penerbit: Mitra Wacana Media, Jakarta

Suryani, Tatik, 2008, Perilaku Konsumen :Implikasi pada Strategi Pemasaran, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit: Graha Ilmu, Jakarta.

Sutabri, Tata, 2005, Sistem Informasi Manajemen, Penerbit: Andi, Jakarta

Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, cetakan ketiga, Penerbit: Remaja Rosdakarya, Bandung

How to Cite
Nurani, N. (1). PENGARUH NILAI INFORMASI, ISI PESAN DAN DORONGAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UD. SAUDARA SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. Jurnal BONOROWO, 2(2), 48-64. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v2i2.60
Section
Articles