ANALISIS MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) TERHADAP PORTOFOLIO PRODUK GUNA PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

  • Wenni Wahyuandari Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung
Abstract views: 2255 , PDF downloads: 7213
Keywords: Tingkat pertumbuhan produk, tingkat pertumbuhan relatif market share, Boston Consulting Group (BCG)

Abstract

Penelitian ini merupakan Studi Kasus Pada Hotel Narita Tulungagung tahun 2013. Bertujuan untuk mengetahui pengelompokan dan pemetaan masing-masing produk item dalam matrik Boston Consulting Group (BCG) guna menentukan strategi bersaing yang efektif bagi Hotel Narita Tulungagung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Dan alat analisa yang digunakan adalah alat analisa Metode least Square untuk mengetahui tingkat pertumbuhan produk, tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif, pemetaan Boston Consulting Group (BCG) Hasil perhitungan Posisi type Superior (S) dalam matrik BCG adalah Cash Cow atau sapi perah, dimana tingkat pertumbuhan relatif rendah 2,3% akan tetapi menguasai pangsa pasar atau dengan analisa pangsa pasar relatif tinggi 1,3x, serta market share 57%. Posisi type deluxe (D) dalam matrik BCG adalah Cash Cow atau sapi perah, dimana tingkat pertumbuhan relatif rendah 3% akan tetapi menguasai pangsa pasar atau dengan analisa pangsa asar relatif tinggi.1,17x dengan market share 54%. Posisi type Suite (St) dalam matrik BCG adalah Cash Cow atau sapi perah, dimana tingkat pertumbuhan relatif rendah 2% akan tetapi menguasai pangsa pasar dengan pangsa pasar relatif 1,4x atau dengan analisa pangsa asar relatif tinggi dan market share 59%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anto Dajan, 2000,Pengantar Metode Statistik Jilid I, LP3ES, Jakarta

Basu Swastha Dh dan Irawan,2003, Menajemen Strategi Dan Kelayakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta.

Basuswasta dan T Hani Handoko. 1984, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta

Bangun, 2008, Intisari Manajemen, BPFE Yogyakarta.

Indriyo.G, 2000, Manajemen Pemasaran, BPFE, Yogyakarta.

Jogiyanto H..M, 2007, Metodologi Penelitian Bisnis-Salah kaprah Dan Pengalaman Pengalaman, BPFE, Yogyakarta

Kotler P dan Gary Armstrong, 1995,2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid I), Erlangga, Jakarta.

Kotler P dan Gary Armstrong, 2003, Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid I), Erlangga, Jakarta.

Mary P, 2000, Manajemen, Erlangga, Jakarta

Philip, Kotler, 2000. Manajemen, Pemasaran Implementasidan Kontrol. Yogyakarta

Susiladhy,2011, Analisa Matrik BCG pada strategi pemasaran item, Jakarta

Sunarto,2004, Prinsip-prinsip pemasaran, BPFE ,Yogyakarta.

Widyatmini,2009, Analisa Matrik BCG pada strategi pemasaran Produk, Jakarta

Published
2013-12-01
How to Cite
Wahyuandari, W. (2013). ANALISIS MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) TERHADAP PORTOFOLIO PRODUK GUNA PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. Jurnal BONOROWO, 1(1), 88-104. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v1i1.3
Section
Articles