PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PERUSAHAAN

  • Wenni Wahyuandari
Abstract views: 677 , PDF downloads: 549
Keywords: Corporate Social Responsibility, profitabilitas

Abstract

Abstrak

Tanggung Jawab Sosial Korporasi atau biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu wujud tanggung jawab yang diemban oleh perusahaan sebagai bagian yang terintegrasi dalam masyarakat yang berkewajiban untuk turut menyelesaikan masalah sosial yang ada di dalam masyarakat dengan tujuan sebagai salah satu cara untuk dapat meredam hal-hal negatif yang timbul di dalam masyarakat yang disebabkan oleh kurangnya perhatian dari pihak perusahaan kepada masyarakat sekitarnya. Konsep CSR (Corporate Social Responsibility) merujuk bahwa perusahaan bukan organisasi yang berusaha mencari profit saja, tapi juga mempunyai peranan dalam memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya untuk membentuk sustainable society. Setiap perusahaan memiliki karakteristik dan situasi yang unik yang berpengaruh terhadap bagaimana mereka memandang tanggung jawab social.Untuk mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan CSR dan sebagai sarana pertanggungjawaban kepada shareholders dan investor, diperlukan adanya pengungkapan tanggung jawab social (Corporate Social Disclosure) dalam laporan keuangan tahunan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat profitabilitas perusahaan terhadap pengungkapan aktivitas corporate social responsibility.Sebanyak tiga puluh dua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memenuhi kriteria diambil sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengambil dokumentasi laporan tahunan yang terdapat di BEI yang terangkum dalam ICMD  Data diolah dengan menggunakan uji statistik regresi linier berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara profitabilitas perusahaan yang digambarkan dengan ROA dan ROE terhadap pengungkapan aktivitas CSR.

Abstract

 

Corporate Social Responsibility (CSR) is a form of responsibility assumed by the company as an integrated part of society who are obliged to contribute to solve social problems that exist in society with the goal as one way to be able to put a damper on things negative -things that arise in the community caused by the lack of attention from the company to the surrounding community. The concept of CSR (Corporate Social Responsibility) refers that the company is not an organization that seeks only profit, but also has a role in contributing to society and the environment to form a sustainable society. Each company has unique characteristics and circumstances that affect how they perceive the responsibility social.Untuk evaluating the successful implementation of CSR and as a means of accountability to shareholders and investors, required disclosures social responsibility (Corporate Social Disclosure) in the financial statements of this tahunan.Penelitian aims to test the effect of the level of profitability of the company on the disclosure of corporate social activity responsibility.Sebanyak thirty-two companies listed in Indonesia Stock Exchange that meet criteria taken as a sample. The data collection is done by taking the documentation contained in the annual report are summarized in ICMD IDX data was processed using multiple linear regression statistical test. This study proves that there is no significant influence of the company's profitability is described by ROA and ROE on the disclosure of CSR activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimawati, Hari. 2008. Pengaruh Tingkat Pengungkapan Kinerja Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek. Skripsi tidak diterbitkan. Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya

Belkaoui. 2000. Accounting Theory. Fourth Edition. Business Press: Thomson Learning.

Dahli, L. dan Siregar, V. S. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Hendriksen, E. 1994.Teori Akuntansi. Jilid 2. Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nurkhin, Ahmad. 2009. Corporate Governance dan Profitabilitas: Pengaruhnya terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Sudi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di BEI). Skripsi diterbitkan.Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Program Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPLH) pasal 41-42.1997, (http://www.google.com,diakses tanggal 20 Maret 2012).

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) pasal 74.2007,(http://www.google.com, diakses tanggal 20 Maret 2012).

Riahi, Ahmed dan Belkaoui. 2001. Teori Akuntansi. Buku Satu. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Sutopoyudo. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo’s Weblog at http.//www.wordpress.com.

Diakses tanggal 5 Maret 2012.

Tresnawati, Rina. 2008. Pengaruh Sebelum dan Sesudah Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus pada PT. TELKOM). Skripsi diterbitkan. Sarjana Fakultas Ekonomi Program Akuntansi Universitas Widyatama.

Minatuz Zulfa, Novi. 2011. Pengaruh Tingkat Profitabilitas Perusahaan terhadapPengungkapan Aktivitas Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Perusahaan Properti dan Kontruksi Bangunan ) Skripsi diterbitkan. Sarjana Fakultas Ekonomi Program Akuntansi Universitas Airlangga.

Utomo, Muhammad Muslim. 2000. Praktek Pengungkapan Sosial pada Laporan Tahunan Perusahaan di Indonesia (Studi Perbandingan Antara Perusahaan – Perusahaan High Profile dan Low Profile). Simposium Nasional Akuntansi.

Yap, Raldy dan Agnes U.W. 2009. Pengungkapan Pertanggung jawaban Sosial Pada Laporan Tahunan Perusahaan yang Go Public di bursa Efek Indonesia (Studi Empiris atas Perusahaan High dan Low-Profile.Majalah Ekonomi Tahun XIX, No.1 April 2009.

www.idx.co.id

How to Cite
Wahyuandari, W. (1). PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PERUSAHAAN. Jurnal BONOROWO, 2(2), 32-47. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v2i2.59
Section
Articles