ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BPR “ARTHA SAMUDRA” TULUNGAGUNG

  • Tiwuk Puji Hariyanti
Abstract views: 314 , PDF downloads: 2231
Keywords: Bank, Keputusan, Menabung

Abstract

Abstrak

Bila sebelumnya persaingan terjadi antar sesama bank swasta maka sekarang terjadi juga pada bank pemerintah. Masing-masing bank pemerinta.h berusaha menarik nasabah dari bank swasta dengan memberikan pelayanan yang lebih memuaskan bagi setiap nasabahnya. Nasabah dalam memilih bank tidak hanya mempertimbangkan suku bunga tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti pelayanan, produk, promosi, lokasi dan keamanan. Kebutuhan dan keinginan nasabah berkaitan dengan sikap dan perilaku nasabah. Sikap dan perilaku nasabah akan mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan  strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu pihak bank harus mengetahui apa yang diinginkan nasabah dan faktor-faktor yang mendorong nasabah untuk melakukan semua transaksi khususnya menabung.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah, untuk menabung pada BPR "Artha Samudra" Tulungagung dan untuk mengetahui pengaruh dari faktor yang paling berpengaruh terhadap pertimbangan nasabah untuk menabung pada BPR "Artha Samudra" Tulungagung.

Sebagai subyek dalam penelitian adalah nasabah BPR "Artha Samudra" Tulungagung. Desain dan metode penelitian yang dipakai penulis dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu suatu penelitian yang memusatkan pada suatu kasus faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah untuk menabung, dan memecahkan kasus peningkatan jumlah penabung dengan memperhatikan faktor keluarga, kelompok referensi, tingkat suku bunga, status bank, pelayanan, dan lokasi.

Hasil penelitian menunjukkan Variabel yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk menabung pada BPR "Artha Samudra" Tulungagung adalah keluarga, kelompok referensi, tingkat suku bunga, status bank, pelayanan, dan Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan menabung di BPR "Artha Samudra" Tulungagung (Y). Ada bukti yang kuat untuk menerima hipotesis empirik bahwa keluarga, kelompok referensi, tingkat suku bunga, Status bank, pelayanan dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pemilihan bank, dan keluarga merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya. Untuk menjawab permasalahan di atas, diteliti sebanyak 68 responden, dan kuesioner yang dapat diolah sebanyak 68 kuesioner, ternyata usia mereka sebagian besar antara 36 tahun sampai 46 tahun dan ada  kecenderungan  mereka  lebih  mapan dalam hal pekerjaan dan masih aktif dalam bekerja.

 

Abstract

 

 

Whereas in the past the competition occurs between  private  banks then it happened also to the government banks. Each bank pemerinta.h trying to attract customers of private banks to provide more satisfactory service to every client. Customers in choosing a bank not only consider the interest rate but also consider other factors such as service, product, promotion, location and security. Customers' needs and desires with regard to attitudes and customer behavior. Attitudes and behavior of customers will have a significant role in determining the right marketing strategy. Therefore, the bank must know what the customer wants and the factors that encourage customers to conduct all transactions, especially savings.

The purpose of this research was to determine the effect of factors that are considered by customers to save money on BPR "Artha Samudra" Tulungagung and to determine the effect of the factors that most influence the consideration of customers to save on BPR "Artha Samudra" Tulungagung.

As subjects in research are customers of rural banks, "Artha Samudra" Tulungagung. Design and research methods that the author used in this study is a case study is a study that focuses on a case of factors into consideration customers to save, and solve the case of an increase in the number of depositors to take into account the family, reference groups, the interest rate, status banks, service, and location.

Results showed variable into consideration people to save on BPR "Artha Samudra" Tulungagung is family, reference groups, interest rates, bank status, service, and location significantly influence decision making savings in BP "Artha Samudra" Tulungagung (Y ). There is strong evidence to accept the hypothesis empirically that the family, reference groups, interest rates, bank status, service and location significantly influence the bank's decision-making election, and the family is the variables that most influence. To answer the above problems, researched many as 68 respondents, and questionnaires that can be processed as much as 68 questionnaires, it turns out they are mostly aged  between 36 years to 46 years and there is a tendency of their more established in terms of work and is still active in the work.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anto Ps., 2006, Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian, Cetakan Ke-empat, Liberty, Yogyakata

Draper, Norman dan Smith, Harry, 2002, Analisis Regresi Terapan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Dudi, Anandya, 2002, Riset Pemasaran Prospektif & Terapan, Bayumedia, Malang

Fatmawati, Sri, dkk, 2007, Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Pertama, Cetakan Ke-empat, STIE YKPN, Yogyakarta

Hadi, Sutrisno, 1997, Metodologi Research, Jilid Satu, Edisi Pertama Cetakan 29, Andi Offset, Yogyakarta

Kerlinger, Fred, N. Elazer J. Pedhazir, 2003, Korelasi Dan Analisa Regresi Gnada, Terjemahan : A. Taufig, Nur Cahaya, Yogyakarta

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Terjemahan : Hendra Teguh dan Ronny Rusli Jilid I, Edisi Revisi, Prenhallindo, Jakarta

Nazir, Moh, 2004, Metode Penelitian, Cetakan Ketiga, Ghalia Indonesia

Ni Made Ratnadi, 2003, Faktor-faktor Apa yang Mempengaruhi Nasabah Menabung di Bank-Bank Pemerintah di Mataram

Radford, K.J., 2004, Analisis Kepuasan Konsumen, Erlangga, Jakarta

Santoso, Ruddy, Tri, 2004, Mengenal Dunia Perbankan, Cetakan Pertama, Andi Offset, Yogyakarta

Swastha, Basu, dan Irawan, 2006, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Keempat, Liberty, Yogyakarta

Sumodiningrat, Gunawan, 2006, Ekonometrika, Cetakan Keempat, BPFE, Yogyakarta

Suyadono, Thomas, dkk, 2006, Kelembagaan Perbankan, Edisi Kedua, Cetakan Kedelapan, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

Wahana Komputer, 2005, Pengolahan Data Statistik dengan SPSS 14, Penerbit Andi, Yogyakarta

How to Cite
Hariyanti, T. P. (1). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BPR “ARTHA SAMUDRA” TULUNGAGUNG. Jurnal BONOROWO, 2(2), 86-102. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v2i2.62
Section
Articles