Main Article Content

Abstract

Abstract


              This study aims to find out how the management of the marketing strategy carried out by Mie Gacoan in Tulungagung Regency to maintain its existence is still popular with the community after COVID 19. This research method uses a descriptive-qualitative approach. Data collection techniques use interviews conducted with CEOs and Founders, supervisors, and Employees. The analysis technique uses source triangulation techniques or compares the validity of interview answers with events in the field. The results of this study are the first, Warunk Mie Gacoan prioritizes improving service or services provided to consumers, providing purchase discounts or promos, innovating services to consumers by making it easier for consumers to order food through the Grab application, planning sales by creating a sales framework, carrying out product innovation, and most importantly, Warunk Mie Gacoan Tulungagung also evaluates consumer satisfaction with taste, service, and product quality by giving questionnaires to consumers.


 


Keywords: Marketing Strategy, Product, Consumer, Innovation


 


Abstrak


              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi pemasaran yang dilakukan Mie Gacoan Kabupaten Tulungagung untuk tetap mempertahankan eksistensinya tetap digemari masyarakat pasca Covid 19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan dengan CEO dan Founder, Supervisor dan Karyawan. Teknik analisis menggunakan teknik triangulasi sumber atau bembandingkan keabsahan jawaban wawancara dengan kejadian dilapangan. Hasil yang penelitian ini adalah yang pertama, Warunk Mie Gacoan mengutamakan peningkatan service atau pelayanan yang dibrikan kepada konsuman, memberikan potongan pembelian atau promo, melakukan inovasi pelayanan kepada konsumen dengan memperumdah konsumen dalam memesan makanan melalui aplikasi Grab, melakukan perencanaan penjualan dengan membuat kerangka penjualan, melakukan inovasi produk dan yang paling penting Warunk Mie Gacoan Tulungagung juga melakukan evaluasi terhadap kepuasan konsumen terhadap rasa, pelayanan dan kualitas produk dengan memberikan kuisioner kepada konsumen.


 


Kata kunci: pemasaran, produk, konsumen, inovasi.


 

Keywords

pemasaran produk konsumen inovasi

Article Details

How to Cite
Ananda Galuh P., Cindy Claudia Radha A., & Erika Rahma Setiyani. (2023). MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN FOOD AND BEVERAGES PASCA COVID 19 (STUDI KASUS PADA WARUNK MIE GACOAN KABUPATEN TULUNGAGUNG). JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 3(1), 184-197. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v3i1.817

References

  1. Amindoni, A. (2020). Virus corona: Pendapatan usaha kecil’pupus’ akibat COVID 19, pemerintah siapkan bantuan sosial untuk pekerja harian. Jakarta: BBC News Indonesia.
  2. Pearce, J. A., Robinson, R. B., & Subramanian, R. (2000). Strategic management: Formulation, implementation, and control. Irwin/McGraw-Hill Columbus, OH.
  3. Prabowo, R. G. M. (2019). Manajemen Strategi.
  4. Priharto, S. (2019). Analisis SWOT untuk Bisnis. Jakarta: PT Cipta Piranti Sejahtera.
  5. Safroni, L. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya: Aditya Media Publishing.
  6. Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2017). Strategic management and business policy (Vol. 55). pearson Boston.