Main Article Content

Abstract

Abstract


              This study aims to explain how management control systems (results, behavior, staff, and cultural control) influence the ethical behavior of online transportation drivers. Data collection was carried out through observation, interviews, questionnaires, and documentation, with Bali online transportation drivers as respondents. The number of samples used consisted of 40 online transportation drivers in Bali, and the method used was descriptive analysis. The results of this study indicate that managing company results, behavior, staff, and corporate culture has no significant effect on the ethical behavior of Balinese online transportation drivers. The results of this study are expected to contribute to the management control process to build ethical behavior for online transportation drivers as they work to maximize performance to achieve their company goals. In addition, the results of this study are intended to be a reference for future researchers in this field.


Keywords:Management Control System, Behavioral Ethics, Online Transportation


 


Abstrak


              Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sistem pengendalian manajemen (hasil, perilaku, staf, dan kontrol budaya) mempengaruhi perilaku etis pengemudi transportasi online. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan responden pengemudi transportasi online Bali. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 40 pengemudi transportasi online di Bali, dan metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan hasil perusahaan, perilaku, staf, dan budaya perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis pengemudi transportasi online Bali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam proses pengendalian manajemen untuk membangun perilaku etis bagi para pengemudi transportasi online dalam bekerja memaksimalkan kinerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, hasil penelitian ini dimaksudkan untuk menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya di bidang ini.


 


Kata kunci: Sistem Pengendalian Manajemen,  Etika Perilaku, Transportasi Online

Keywords

Sistem Pengendalian Manajemen Etika Perilaku Transportasi Online

Article Details

How to Cite
Stefanus Tegar Kurniawan. (2023). SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN ETIKA PERILAKU PADA MITRA PENGEMUDI TRANSPORTASI ONLINE. JAMANTA : JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI UNITA, 3(1), 170-183. https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v3i1.818

References

  1. Dahlia, L., & Sadewi, M. (2020). Sistem Pengendalian Manajemen dan Perilaku Etis Pengemudi Transportasi Online. EQUITY, 23(1), 63–90.
  2. Elder, R. J., Beasley, M. S., Arens, A. A., & Jusuf, A. A. (2011). Jasa audit dan assurance. Jakarta: Salemba Empat.
  3. Mulyadi, S. (2001). Sistem Akuntansi edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
  4. Prabowo, R. G. M., Fachril, F., & Stevanus, D. G. V. (2022). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL KAS PADA BAGIAN ASURANSI. JAT: Journal Of Accounting and Tax, 1(1), 26–34.
  5. Putri, A. (2021). Peranan Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Unit Pembangunan Saguling. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 3(1), 55–70. https://doi.org/10.28932/jafta.v3i1.3409