PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS DI ANGKRINGAN IKI TULUNGAGUNG)

Main Article Content

Desy Dwi Fitria

Abstract

Abstract


The firm has developed quickly, which has led to fierce competition. Consequently, this encourages entrepreneurs to strive for customer attraction in order to boost sales volume. by utilizing social media platforms like Facebook, Instagram, and Tik Tok for promotional operations. This study set out to find out how Facebook, Instagram, and Tik Tok affected Angkringan IKI Tulungagung's sales volume. An associative method combined with a quantitative approach is used in this work. Customers of Angkringan IKI are given a questionnaire using an online Google form as part of the data collection method. Instagram social media (X1), Facebook social media (X2), and Tik tok social media (X3) all significantly affect sales volume (Y) according to the T test results. Additionally, the findings of the F test show that rising sales volume at Angkringan IKI is significantly impacted by social media platforms Facebook (X2), Instagram (X1), and Tik Tok (X3) all at the same time


.


Keywords:


Social Media, Instagram, Facebook, Tik Tok, Sales Volume


 


Abstrak


Ekspansi perusahaan yang cepat telah mengakibatkan persaingan yang meningkat, mendorong perusahaan untuk mengintensifkan upaya dalam menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk melaksanakan kampanye promosi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki dampak Instagram, Facebook, dan TikTok pada lonjakan angka penjualan di wilayah Tulungagung. Dengan teknik asosiatif dan metodologi kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner online yang didistribusikan kepada pelanggan Angkringan IKI melalui Google Forms. Analisis menggunakan T-test mengungkapkan bahwa platform media sosial Instagram (X1), Facebook (X2), dan TikTok (X3) memiliki efek signifikan pada volume penjualan (Y). Selanjutnya, F-test menunjukkan bahwa masing-masing platform media sosial, yaitu Instagram (X1), Facebook (X2), dan TikTok (X3), secara independen berkontribusi terhadap eskalasi volume penjualan di Angkringan IKI Tulungagung.


 


Kata kunci:


Media Sosial, Instagram, Facebook, Tik Tok, Volume Penjualan

Article Details

How to Cite
Desy Dwi Fitria. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS DI ANGKRINGAN IKI TULUNGAGUNG). JIMBIEN : JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN, BISNIS, ENTREPRENEURSHIP, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.36563/jimbien.v3i1.1178
Section
Articles

References

FIRDAUS, M. M. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF; DILENGKAPI ANALISIS REGRESI IBM SPSS STATISTICS VERSION 26.0. CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=lJ8hEAAAQBAJ
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., S, T. E. A. P., Djaya, T. R., Ayu, A. S., & Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. Penerbit Insania. https://books.google.co.id/books?id=DUIyEAAAQBAJ
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=WTOyDwAAQBAJ
Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DENGAN PENDEKATAN STATISTIKA: (Teori, Implementasi & Praktik dengan SPSS). Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=8H6REAAAQBAJ
Rahmawati, D., Afif, M. ’, & Qolbi, N. (n.d.). Business, Entrepreneurship, and Management Journal ANALISIS PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI USAHA TERNAK KAMBING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA GILANG DI TULUNGAGUNG.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.
Sutrismi, S., & Anggraeni, N. (2023). PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. SULING MAS TRITUNGGAL ABADI TULUNGAGUNG). JAT : Journal Of Accounting and Tax , 2(1), 23-31. https://doi.org/10.36563/jat.v2i1.785
Tualeka, A. R. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Airlangga University Press. https://books.google.co.id/books?id=UW3IDwAAQBAJ
Widhajati, E., Nurani, Minarni, E., & Eldon, M. (2021). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung: Indonesia. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 1(1), 45-52. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v1i1.260