ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PRODUSEN KOPI SUJAKOPI TULUNGAGUNG

Main Article Content

Intan Putri Winata

Abstract

Abstract


This progress is due to the increasing business competition among Tulungagung Sujakopi coffee factories. It is clear that to make a company survive and generate benefits for its life, it needs an appropriate strategy. Sujakopi Tulungagung is a coffee factory in Grenjeng Village, located in Tulungrejo, Karangrejo District, Tulungagung Regency. This study aims (1) to find the strengths, weaknesses, opportunities, and threats of business development efforts; and (2) to find out the business development strategies used by Sujakopi Tulungagung Coffee Producer. This study is descriptive qualitative in nature. Observation, interviews, and documentation are the ways in which researchers obtain important information. They used source triangulation to ensure that the data was correct. According to the research, Tulungagung Sujakopi Coffee producers used the Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) matrices, and put them into a SWOT matrix. This shows that they have many strategies that they can use to grow their business. According to the SWOT analysis, the company's position is in quadrant I. This means that, with its strengths and favorable opportunities, a growth strategy should be implemented.


 


Keywords:


Strategy; Development; SWOT; IFAS and EFAS


 


Abstrak


Kemajuan ini disebabkan oleh persaingan bisnis yang meningkat di antara pabrik kopi Sujakopi Tulungagung. Sudah jelas bahwa untuk membuat perusahaan bertahan dan menghasilkan manfaat bagi kehidupannya, dibutuhkan sebuah strategi yang tepat. Sujakopi Tulungagung adalah pabrik kopi di Desa Grenjeng, yang terletak di Tulungrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari upaya pengembangan bisnis; dan (2) untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis yang digunakan oleh Produsen Kopi Sujakopi Tulungagung. Studi ini bersifat deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah cara peneliti mendapatkan informasi penting. Mereka menggunakan triangulasi sumber untuk memastikan bahwa datanya benar. Menurut penelitian, produsen Kopi Sujakopi Tulungagung menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE), serta dimasukkan ke dalam matriks SWOT. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki banyak strategi yang dapat mereka gunakan untuk berkembang bisnis mereka. Menurut analisis SWOT, posisi perusahaan berada di kuadran I. Ini berarti bahwa, dengan kekuatan dan peluang yang menguntungkan, strategi pertumbuhan harus diterapkan.


Kata kunci:


Strategi; Pengembangan; SWOT; IFAS dan EFAS

Article Details

How to Cite
Intan Putri Winata. (2024). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PRODUSEN KOPI SUJAKOPI TULUNGAGUNG. JIMBIEN : JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN, BISNIS, ENTREPRENEURSHIP, 3(1), 30-38. https://doi.org/10.36563/jimbien.v3i1.1180
Section
Articles

References

Ali, H. (2018). Strategic Management : Overview Of Strategic Management. 1, 274.
Dj, Y. R. (2017). Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioning Produk Dengan Pendekatan Analisis Swot Untuk Peningkatan Penjualan Pada Ud. Surya Gemilang Motor Di Surabaya. Jurnal Ekbis, 17(1), 13-Halaman.
Frederiksen, L. (2020). Business development strategy: A high-growth approach. URL: Https://Hingemarketing. Com/Blog/Story/Business-Development-Strategy-a-Highgrowth-Approach.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Pratiwi, R. (2018). Strategi pengembangan usaha rengginang pulut dengan metode analisis swot (Studi kasus usaha rengginang pulut cv. Uul jaya di desa kebun lada kecamatan hinai kabupaten langkat). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
Qanita, A. (2020). Analisis strategi dengan metode swot dan qspm (quantitative strategic planning matrix): studi kasus pada d’gruz caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24.
Rachman, A., Samanlangi, A., & Purnomo, H. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.
Rahardjo, P. (2012). Panduan budidaya dan pengolahan kopi arabika dan robusta. Penebar Swadaya. Jakarta.
Saputra, E. (2008). Kopi. Yogyakarta: Harmoni.
Siagian, S. P. (2011). Manajemen Stratejik, Cet. 9. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial.
Subagyo, B., Sartono, S., & Lagasa, K. D. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Jamu Dalam Mempertahankan Eksistensi Jamu Tradisional Mbah Gedong Di Rejotangan Tulungagung. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 1-13.