PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DINAS PASAR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI PELAYANAN PEDAGANG
Main Article Content
Abstract
Abstract
The Effect of Market Service Quality on Consumer Satisfaction Through Merchant Services (Case Study at Ngemplak Tulungagung People's Market). Customer satisfaction indicates a state in which consumers show alignment between their needs and expectations, which are satisfactorily met. Customer satisfaction plays an important role in fostering a more sophisticated business environment and increasing the financial benefits of the organization. The main objective of this study is to ascertain the impact of services provided by Market Services on customer satisfaction through merchant services. Using quantitative methodology with an exploratory stance characterizes this study. The participants in this study were selected through Incidental Sampling technique, which included a cohort of 100 respondents. The data used consisted of primary data obtained through a direct questionnaire survey. The analytical procedure involved the utilization of linear regression and sowel analysis to assess the impact of mediating variables. According to the results of the regression analysis, it is evident that Market Service offerings directly exert a positive and substantial influence on consumer satisfaction. Furthermore, indirectly, Market Service offerings showed a positive and important impact on consumer satisfaction through merchant services. This means that merchant services in this study are an intervening variable (mediation) between Market Service services and consumer/buyer satisfaction.
Keywords:
Market Office Services; Consumer/Buyer Satisfaction; Trader Services
Abstrak
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Pasar Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Pelayanan Pedagang (Studi Kasus pada Pasar Rakyat Ngemplak Tulungagung. Kepuasan konsumen menunjukkan keadaan di mana konsumen menunjukkan keselarasan antara kebutuhan dan harapan mereka, yang terpenuhi dengan memuaskan. Kepuasan pelanggan memainkan peran penting dalam menumbuhkan lingkungan bisnis yang lebih canggih dan meningkatkan keuntungan finansial organisasi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak layanan yang diberikan oleh Layanan Pasar terhadap kepuasan pelanggan melalui layanan merchant. Menggunakan metodologi kuantitatif dengan sikap eksplorasi menjadi ciri penelitian ini. Para peserta dalam penelitian ini dipilih melalui teknik Incidental Sampling, yang mencakup kohort 100 responden. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh melalui survei kuesioner langsung. Prosedur analitik melibatkan pemanfaatan regresi linier dan analisis sowel untuk menilai dampak variabel mediasi. Menurut hasil analisis regresi, terbukti bahwa penawaran Layanan Pasar secara langsung memberikan pengaruh positif dan substansial pada kepuasan konsumen. Selanjutnya, secara tidak langsung, layanan Market Service menunjukkan dampak positif dan penting pada kepuasan konsumen melalui layanan merchant.. Bararti pelayanan pedagang dalam penelitian ini sebagai variabel intervening (mediasi) antara pelayanan Dinas Pasar terhadap kepuasan konsumen/pembeli.
Kata kunci:
Pelayanan Dinas Pasar; Kepuasan Konsumen/Pembeli; Pelayanan Pedagang
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
AR Chaerudin, Bambang Setiadi, & Ahmad Munawir. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Di Desa Citaman Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang Banten. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.9
Ardiansyah, F., Mursito, B., & Maryam, S. (2019). Analisis Kualitas Produk, Diversifikasi Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Edunomika, 3(2), 493.
Eldon, M. (1). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TRANPORTASI BUS SEKOLAH DINAS PERHUBUNGAN,KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TULUNGAGUNG. BENEFIT , 3(1), 17-30.
Eldon, M., & Ruspinendya, B. P. (2022). PENGARUH SERVICESCAPE, BRAND IMAGE, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 42-49.
Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9471
Fauziah, E. A. (2022). Kualitas, Pengaruh Terhadap, Pelayanan Beli, Minat Pada, Konsumen Sembako, Pedagang Mbongawani, Pasar Ende, Kabupaten.
Jiang, J. J., Klein, G., & Crampton, S. M. (2000). A note on SERVQUAL reliability and validity in information system service quality measurement. Decision Sciences, 31(3), 725–744.
Kurniawati, putri. (2017). ANALISIS BRAND EQUITY PADA PRODUK OLAH RAGA SPECS. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Nurofik, A., & Wiana, P. P. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen), 2(1), 55–59. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.211
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group.
Rafi, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Mom Milk Semarang. DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun, 1–7.
Santoso, E. (1). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CITIZENS CARTER UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG LEBIH RESPONSHIP ( Studi Kasus di RSUD Dr. Iskak Tulungagung ). Jurnal BONOROWO, 2(2), 65-85
Siregar, E. Y., & Rahmah, R. A. (2023). Analisis Perkembangan Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Mandailing Natal. Journal Of Social Science Research, 3(6), 10380–10391.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Supryanita, R., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Agus, H. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dinas pasar terhadap kepuasan penyewa toko pasar bawah kota bukittinggi 1,2. 21(1), 43–61.
Umnbrana, B. D. (2019). Analisis Pengaruh Pendidikan Konsumen Terhadap Kepuasan Pembelian Di Niko Busana Jember. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 4(2), 119–152.