STUDI KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI BERDAMPAK PADA KEPUASAN PELANGGAN SUZUKI TULUNGAGUNG
Main Article Content
Abstract
Abstract
The analysis was conducted to understand the impact of service quality, price, and location on the satisfaction of Suzuki Tulungagung customers. Using multiple linear regression methods on data obtained from 100 customer respondents, this study found strong evidence that all three factors significantly contribute to customer satisfaction. The analysis results show that about 83.6% of the variance in customer satisfaction can be explained in these three variables. These findings highlight the importance for Tulungagung Suzuki s to continuously strive to improve quality services, set competitive prices, and choose strategic locations as an effort to win business competition and maintain consumer or customer loyalty.abstrak.
Keywords:
Service quality; Price, Location; Customer satisfaction; Multiple linear regression; Coefficient of determination.
Abstrak
Analisa dilakukan sebagai pemahaman besarnya dampak pelayanan yang berkualitas, harga, dan lokasi pada kepuasan dari pelanggan Suzuki Tulungagung. Dengan menggunakan metode regresi linier berganda pada data yang diperoleh dari 100 responden pelanggan, penelitian ini menemukan bukti kuat bahwa ketiga faktor tersebut secara signifikan berkontribusi pada kepuasan pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sekitar 83,6% dari varian kepuasan pelanggan bisa dijelaskan dalam tiga variabel tersebut. Temuan ini menyoroti pentingnya bagi Suzuki Tulungagung untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan yang berkualitas, menetapkan harga kompetitif, dan memilih lokasi yang strategis sebagai upaya dalam memenangkan persaingan bisnis dan mempertahankan loyalitas konsumen atau pelanggan.
Kata kunci:
Pelayanan berkualitas; Harga, Lokasi; Kepuasan dari pelanggan; Regresi linier berganda; Koefisien determinasi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Chandra, G., & Tjiptono, F. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Cronin Jr, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring service quality: a reexamination and extension. Journal of Marketing, 56(3), 55–68.
Kartono, K. (1990). Penghantar metadologi riset sosial. Mandar Maju.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran Jilid 2.
Margaretha V, M. (2004). Analisis Analisis Pengaruh Kualitas Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Reputasi Perusahaan, Dan Loyalitas Pelanggan Pada Divisi Asuransi Kumpulan Ajb Bumiputera. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
Nurani, N. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN TULUNGAGUNG. BENEFIT , 5(1), 1-12.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Prasetyo, B. (2010). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DI STIE ARTHA BODHI ISWARA SURABAYA. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 6(3).
Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran [Marketing Strategy]. Yogyakarta: Andi, 13, 66–84.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi Offset.
Widiyanto, I. (2008). Pointers: metodologi penelitian. Semarang: BP Undip, 84.