PENGARUH FOOD DELIVERY DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI PREKBRO TULUNGAGUNG
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
To stay competitive in today's era of globalization, businesses must consider the quality of food service and delivery. To achieve their goal, which is to increase sales, businesses must be able to create the right competitive strategy. The purpose of this study is to determine how much influence service quality has on increasing sales, food delivery has on increasing sales, and food delivery and service quality have on increasing sales respectively. In this study, quantitative methods were used. Using the coefficient of determination (R2) and multiple linear regression analysis. SPSS version 29 was used to carry out the analysis and statistics. For this study, forty respondents (Prekbro consumers) were given a questionnaire or survey. The research variables consisted of one dependent variable (Y) and two independent variables (X1 and X2). This study tests data or hypotheses with the t test and F test.
ABSTRAK
Untuk tetap bersaing di era globalisasi saat ini, bisnis harus mempertimbangkan kualitas layanan dan pengiriman makanan. Untuk mencapai tujuan mereka, yaitu meningkatkan penjualan, bisnis harus dapat membuat strategi bersaing yang tepat. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap peningkatan penjualan, pengiriman makanan terhadap peningkatan penjualan, dan pengiriman makanan dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan penjualan masing-masing. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif digunakan. Menggunakan koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi linear berganda. SPSS versi 29 digunakan untuk melaksanakan analisis dan statistik. Untuk penelitian ini, empat puluh responden (konsumen Prekbro) diberikan kuesioner atau survei. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel dependen (Y) dan dua variabel independen (X1 dan X2). Studi ini menguji data atau hipotesis dengan uji t dan uji F.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Faradina, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).
HUSNA, V. (2022). Pengaruh Layanan Food Delivery (Go-Food) Terhadap Penjualan Usaha Kuliner Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Go-Food di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32-38.
Nanda, R. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Kajian Pada Indomaret Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Nur, S. A. (2021). Strategi pemasaran perusahaan air minum kemasan PT. Karunia Tirtamas Abadi Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Bulanan Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Skripisi. Universitas Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hafiyyan, M. I., Miranti, M. G., Kharnolis, M., & Bahar, A. (2023). Pengaruh Layanan Food Delivery Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner (Studi Terhadap Pemilik Usaha Kuliner Yang Terdaftar Go-Food Di Kelurahan Jagir Kota Surabaya). Student Research Journal, 1(4), 253-262.
Purbaningrum, W. (2022). Pengaruh Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Umkm Kuliner Di Yogyakarta.
Saryadi. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan berbasis teknologi informasi dari gofood terhadap omzet penjualan warung makan di kota palangka raya.
Shiddiqi, M. H. A. (2021). Dampak Go Food Terhadap Peningkatan Penjualan Bisnis Kuliner ( Studi Kasus Usaha Bisnis Kuliner Dikawasan Medan Area ).
Wahyuni, S. (2020). Analisis Dampak Keberadaan Go Food dan Grab Food terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner (Studi Kasus: Pelaku Usaha Kuliner di Kelurahan Sei Kera Hilir II Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Wijaya, R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab-Food (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Layanan Grab-Food Di Wilayah Kecamatan Ciputat Timur). 134. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40169
Nurani, & Eni Widhajati. (2019). Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. BENEFIT , 6(1), 58-66.