ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI TIKTOKSHOP
Main Article Content
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to find out the influence and study the factors of lifestyle, trust, and quality of service in purchasing goods at ticktock shops by students of the Faculty of Economics, Tulungagung University. Research results obtained using multiple linear regression analysis techniques show that lifestyle, trust, and quality of service significantly and partially affect consumers' choice to make purchases on online tick-tock shops. From these three aspects, the aspect that most influences consumers' choices to make purchases of goods on online tick-tock shops is lifestyle.
Abstrak
Adanya penelitian ini tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh serta mengkaji faktor gaya hidup, kepercayaan, dan kualitas layanan dalam pembelian barang pada toko tiktok oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa gaya hidup, kepercayaan, dan kualitas layanan secara signifikan dan parsial mempengaruhi pilihan konsumen untuk melakukan pembelian pada toko tiktok online. Dari ketiga aspek tersebut, aspek yang paling mempengaruhi pilihan konsumen untuk melakukan pembelian barang pada toko tiktok online adalah gaya hidup.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Archana dan Vandana, (2012, March 14), Ajzen’s Theory of Planned Behavior and Social Media Use by College Students”. American Journal of Psychological Research.
Asy’ari, Naufal Bachri. (2020, March 14). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belanja Online Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh, JURNAL VISIONER & STRATEGIS Volume 9, Nomor 1, Maret 2020.
Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. In Conference on Business. Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 565-572).
Cooper & Emory. (1996). Metode Penelitian Bisnis, Erlangga,.Jakarta.
Evasari, A. D., Subagyo, B., & Rahmawati, D. (2023). Keunggulan Bersaing Dan Inovasi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan San San Bakery Ngadiluwih. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 2(2), 85-93.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Indriantoro, Nur & Supomo, B., (2002), Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan Manajemen, BPFE, Yogyakarta.
Katawetawaraks, C., & Wang, C. L. (2011). “Online shopper behavior: Influences of online shopping decision”. Asian Journal of Business Research.
Kotler, Philip, (2000), Manajemen Pemasaran Jilid I, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip, (2000), Manajemen Pemasaran Jilid II, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip & Gary, Armstrong, (2001), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta. Nasution Efendy A. & Linzzy Pratami Putri. (2019, March 14). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Online. Prosiding RM/FA. https://www.google.com/search?q=Nasution+Efendy+A.+dan+Linzzy+Pratami+Putri. +2019
Nur Aisah Umi Siti. (2020, March 14). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Di Shope Dalam Perspektif Islam,. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf.
Putri Eka Gina. (2021, March 10). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online melalui ecommerce. Prosiding Pendidikan Teknik Boga busana Vol 16 No. 1 2021. https://www.google.com/search?q=Putri+Eka+Gina.+2021
Rangkuti, Freddy. (2000). Riset Pemasaran. Cetakan Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2012). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Modul Konseptual, Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Alfabeta, Bandung.
Suhir, Moch., Imam Suyadi & Riyadi. (2014, March 14). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www. Kaskus.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 8 No. 1 Februari 2014.
Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa. Andi Offset. Yogyakarta.