PENGARUH PEMASARAN MEDIA TIKTOK TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK FASHION SHOPEE (Studi Kasus pada Pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Trenggalek)
Main Article Content
Abstract
Social media's function is evolving quickly. In addition to being a platform for communication and enjoyment, social media now offers businesses a lot of opportunity to market their products there by using apps like Tiktok.. The purpose of this study is to ascertain how social media marketing on TikTok affects employees of Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Trenggalek's intention to purchase Shopee fashion items. Data were collected by means of online surveys that were given to a sample of 100 employees. The results of the study show that the Independent Variables of tiktok social media marketing consist of; Context (X1), Communication (X2), Collaboration (X3), and Connection (X4) are very influential on Purchase Intention (Y) for Shopee Fashion Products, where the Connection Variable is more dominant than the other variables, which is shown by the Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga , Trenggalek.
Abstrak
Peran sosial media berubah dengan drastis. Sekarang bukan hanya media untuk komunikasi dan hiburan, tetapi juga dapat digunakan untuk kegiatan bisnis, seperti mempromosikan produk melalui aplikasi seperti Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial TikTok terhadap Purchase Intention Produk fashion Shopee pada Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga , Kabupaten Trenggalek . Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada responden sebanyak 100 pegawai sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Independen Pemasaran sosial media tiktok antara lain ; Konteks (X1), Komunikasi (X2), Kolaborasi (X3), dan Koneksi (X4) sangat berpengaruh terhadap Purchase Intention (Y) terhadap Produk Fashion Shopee, dimana Variabel Connectionlah yang lebih dominan daripada Variabel yang lainnya, yang ditunjukkan oleh pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Trenggalek.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Didin hadi saputra, dkk, digital marketing komunikasi bisnis menjadi lebih mudah (yayasan kita menulis, 2020)
Effendi, Usman, Psikologi konsumen (Jakarta:PT RajaGrafindo, 2016) Halim, fitria, dkk, Marketing dan media social (Bandung:CV Media sains Indonesia, 2020
Kotler, P & Keller, KL. (2012). Marketing Management, 14th Ed. London: Pearson Education Limited.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks
Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Implementasidigital Marketing terhadap Keputusan Pembelian KonsumenJD.id Jakarta
Rachmadi, tri, the power of digital marketing (tiga ebook, 2020)
Sugiyono, Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D.”
Sudha, M., & Sheena K. (2017). Impact of Influencers in Consumer Decisio Process: the Fashion Industr SCMS. Journal of Indian Management: 14-30
Azizah, N. N. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Ngabar Business Center Ngabar Siman Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Praditasetyo, D., & Saputri, SAYA (2021). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. eProsiding Manajemen , 8 (5).
Wardhani, J. S. (2020). Pengaruh content marketing dan influencer terhadap purchase intention generasi milenial dalam menggunakan layanan jasa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA).
Yogastrian, I., & Imawati, I. (2020). Analisis pengaruh promosi, influencer, dan media sosial instagram terhadap keputusan pembelian produk sepatu (study kasus pada sepatu brand lokal) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506-515.
Zagoto, Y., & Taryo, T. (2022). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 21-29.
Annur, C. M. (2021). Indonesia jadi pasar kedua terbesar tiktok di dunia pada 2020. Databoks.
Katadata. Co. Id. https://databoks. katadata. co. id/datapublish/2021/09/29/indonesia-jadi-pasar-kedua-terbesar-tiktok-di-dunia-pada-2020.
Muller, J. (2021). • Malaysia: number of monthly web visits on Shopee 2021 | Statista. Statista.
https://www.statista.com/statistics/1012761/malaysia-number-monthly-webvisitsshopee-quarter/
Statista. (2021). • eCommerce in Indonesia 2021 Country Report | Statista.
https://www.statista.com/study/85341/ecommerce-in-indonesia/ Statista. (2021). Indonesia: leading smartphone apps used daily 2021 | Statista.
https://www.statista.com/statistics/1280293/indonesia-leading-smartphone-appsuseddaily/
Hariyanti, T. P., & Anggraeni, L. S. (2022).
ANALISIS PENGARUH PENJUALAN BERSIH, BEBAN UMUM DAN ADMINISTRASI UMUM TERHADAP LABA TAHUN BERJALAN PADA KUD TANI WILIS SENDANG. JAT: Journal Of Accounting and Tax, 1(2), 121-129.