Main Article Content
Abstract
Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih kurangnya kecepatan pelayanan dan kurangnya disiplin pegawai, yang mengindikasikan masalah dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri sebagai salah satu dimensi motivasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi pelayanan publik dalam pelayanan publik di Desa Tegal Kunir Kidul Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori James L. Perry yang dikembangkan oleh Xiaohua (2008). Dengan menggunakan Lima dimensi motivasi pelayanan publik yaitu Pemenuhan kebutuhan diri sendiri (self-fulfillment), Kewenangan pengambilan keputusan (policy-making), Minat terhadap publik (public interest), Ketertarikan melayani (attraction to service), Perasaan yang menunjukkan simpatik (compassionate) . Guna mendapatkan data di lapangan, dengan cara penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis data secara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian dimensi pemenuhan kebutuhan diri sendiri masih kurang baik, yang ditandai dengan rendahnya kedisiplinan dan keterlambatan dalam pelayanan. Sementara itu, dimensi lainnya menunjukkan hasil yang lebih positif, seperti Kewenangan pengambilan keputusan, minat terhadap publik, Ketertarikan melayani dan Perasaan yang menunjukkan simpatik yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa perlunya adanya peningkatan kesadaran pegawai terhadap pemenuh kebutuhan diri sendiri untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di Desa Tegal Kunir Kidul Kabupeten Tangerang.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
References
- BUKU :
- Prof. Dr. Lexy J. Moleong. M.A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cetakan Ke-32. Bandung.
- Prof. Dr. Sugiyono.( 2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.
- Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-25. Bandung : Alfabeta
- Prof. Dr. Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat : Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
- JURNAL :
- Asy, A., Hakim, A. A., & Hamid, N. (2021). Pengaruh Public Service Motivation Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 2(2).
- https://doi.org/https://doi.org/10.37859/mrabj.v2i2.2427
- Cendana, G. A., & Oktariyanda, T. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Publika, 1089–1100.
- https://doi.org/10.26740/publika.v10n4.p1089-1100
- Harefa, P., & Telaumbanua, E. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara. Jesya, 5(2), 2299–2309.
- https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.837
- Mulyawan, B., & Embi, M. A. (2022). Analisis Public Service Motivation Dan Korelasinya Dengan Konsep Altruisme. Journal of Administration and International Development, 2(1), 1–14.
- https://doi.org/10.52617/jaid.v2i1.446
- Nurhidayah, A. (2018). Analisis Hubungan Motivasi Pelayanan Publik, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai Dengan Structural Equation Modeling (Studi Pada 3 Kantor Kecamatan Kota Magelang). Current Neurology and Neuroscience Reports, 1(1).
- Reski, K. (2018). Urgensi Nilai-Nilai Public Service Motivation Pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo. Public Administration Journal, 1(1), 24–31.
- Sundaro, H. (2022). Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Modul, 22(1), 21–30.
- https://doi.org/10.14710/mdl.22.1.2022.21-30
- Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229.
- https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42
- Sutikno, B., & Arha, N. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Selangit Kabupaten Musi Rawas. MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 7(1), 49.
- https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i1.423
- Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. JIP, 1(12), 6.
- Wirnasih, T. (2017). Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Di Puskesmas Rawat Inap Kota Yogyakarta. JBTI, 7(I), 32.
- https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jbti.v7i1.2547
- Xiaohua, L. (2008). An Empirical Study on Public Service Motivation and the Performance of Government Employee in China. Canadian Social Science, 4(2), 18.
- Syahsudarmi, S. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Sicepat Ekspress Indonesia Cabang Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 12(4), 373-382.
- DOKUMEN :
- Indonesia, R. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (pp. 1-77).
- Menpan. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/ΚΕΡ/Μ.PAN/2003 (pp. 1-32)
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependukan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/40202
- WEBSITE :
- Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. Si. (2010) Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. GEMA (Media Informasi dan Kebijakan Kampus)
- https://uin-malang.ac.id/w/1416650876 (Diakses pada, Selasa 24 Januari 2024)
- Rika Pangesti. (2021) Administrasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Berpikirnya. Detikedu
- https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5868153/administrasi-pengertian-fungsi-jenis-dan-cara-berpikirnya (Diakses pada, Selasa 24 Januari 2024)
- SKRIPSI :
- Fahmi, F. R. (2022). Kualitas Etika Pelayanan Publik Di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Islam Syekh Yusuf.
- Khasanah, K. (2015). Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja pegawai Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman modal Di Kota Makasar. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin.
- Lestari, M. D. (2019) Kinerja Perangkat Desa Dalam Pelayanan Administrasi DI Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Jember
- Rompis, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pt. Bit Money Changer). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.