Main Article Content

Abstract

Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih kurangnya kecepatan pelayanan dan kurangnya disiplin pegawai, yang mengindikasikan masalah dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri sebagai salah satu dimensi motivasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi pelayanan publik dalam pelayanan publik di Desa Tegal Kunir Kidul Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori James L. Perry yang dikembangkan oleh Xiaohua (2008). Dengan menggunakan Lima dimensi motivasi pelayanan publik yaitu Pemenuhan kebutuhan diri sendiri (self-fulfillment), Kewenangan pengambilan keputusan (policy-making), Minat terhadap publik (public interest), Ketertarikan melayani (attraction to service), Perasaan yang menunjukkan simpatik (compassionate) . Guna mendapatkan data di lapangan, dengan cara penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis data secara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian dimensi pemenuhan kebutuhan diri sendiri masih kurang baik, yang ditandai dengan rendahnya kedisiplinan dan keterlambatan dalam pelayanan. Sementara itu, dimensi lainnya menunjukkan hasil yang lebih positif, seperti Kewenangan pengambilan keputusan, minat terhadap publik, Ketertarikan melayani dan Perasaan yang menunjukkan simpatik yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa perlunya adanya peningkatan kesadaran pegawai terhadap pemenuh kebutuhan diri sendiri untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di Desa Tegal Kunir Kidul Kabupeten Tangerang.

Keywords

Motivasi Pelayanan Publik Pelayanan Administrasi Kependudukan

Article Details

How to Cite
Pradana, I. A. P. (2025). Motivasi Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Tegal Kunir Kidul Kabupaten Tangerang. Publiciana, 18(01), 24-29. https://doi.org/10.36563/publiciana.v18i01.1202

References

  1. BUKU :
  2. Prof. Dr. Lexy J. Moleong. M.A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Cetakan Ke-32. Bandung.
  3. Prof. Dr. Sugiyono.( 2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.
  4. Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-25. Bandung : Alfabeta
  5. Prof. Dr. Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat : Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
  6. JURNAL :
  7. Asy, A., Hakim, A. A., & Hamid, N. (2021). Pengaruh Public Service Motivation Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 2(2).
  8. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/mrabj.v2i2.2427
  9. Cendana, G. A., & Oktariyanda, T. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Publika, 1089–1100.
  10. https://doi.org/10.26740/publika.v10n4.p1089-1100
  11. Harefa, P., & Telaumbanua, E. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara. Jesya, 5(2), 2299–2309.
  12. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.837
  13. Mulyawan, B., & Embi, M. A. (2022). Analisis Public Service Motivation Dan Korelasinya Dengan Konsep Altruisme. Journal of Administration and International Development, 2(1), 1–14.
  14. https://doi.org/10.52617/jaid.v2i1.446
  15. Nurhidayah, A. (2018). Analisis Hubungan Motivasi Pelayanan Publik, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai Dengan Structural Equation Modeling (Studi Pada 3 Kantor Kecamatan Kota Magelang). Current Neurology and Neuroscience Reports, 1(1).
  16. Reski, K. (2018). Urgensi Nilai-Nilai Public Service Motivation Pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo. Public Administration Journal, 1(1), 24–31.
  17. Sundaro, H. (2022). Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Modul, 22(1), 21–30.
  18. https://doi.org/10.14710/mdl.22.1.2022.21-30
  19. Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229.
  20. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42
  21. Sutikno, B., & Arha, N. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Selangit Kabupaten Musi Rawas. MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 7(1), 49.
  22. https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i1.423
  23. Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. JIP, 1(12), 6.
  24. Wirnasih, T. (2017). Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Di Puskesmas Rawat Inap Kota Yogyakarta. JBTI, 7(I), 32.
  25. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jbti.v7i1.2547
  26. Xiaohua, L. (2008). An Empirical Study on Public Service Motivation and the Performance of Government Employee in China. Canadian Social Science, 4(2), 18.
  27. Syahsudarmi, S. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Sicepat Ekspress Indonesia Cabang Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 12(4), 373-382.
  28. DOKUMEN :
  29. Indonesia, R. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik (pp. 1-77).
  30. Menpan. (2003). Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/ΚΕΡ/Μ.PAN/2003 (pp. 1-32)
  31. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependukan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/40202
  32. WEBSITE :
  33. Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. Si. (2010) Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. GEMA (Media Informasi dan Kebijakan Kampus)
  34. https://uin-malang.ac.id/w/1416650876 (Diakses pada, Selasa 24 Januari 2024)
  35. Rika Pangesti. (2021) Administrasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Berpikirnya. Detikedu
  36. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5868153/administrasi-pengertian-fungsi-jenis-dan-cara-berpikirnya (Diakses pada, Selasa 24 Januari 2024)
  37. SKRIPSI :
  38. Fahmi, F. R. (2022). Kualitas Etika Pelayanan Publik Di Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Islam Syekh Yusuf.
  39. Khasanah, K. (2015). Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja pegawai Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman modal Di Kota Makasar. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin.
  40. Lestari, M. D. (2019) Kinerja Perangkat Desa Dalam Pelayanan Administrasi DI Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Jember
  41. Rompis, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pt. Bit Money Changer). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'