Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • File pengiriman dalam format file dokumen (doc, docx. rtf, atau odt) , mengikuti pedoman penulis dan template artikel . Pastikan Anda menggunakan Mendeley untuk membantu dalam referensi. Panduan untuk menggunakan Mendeley sebagai manajer referensi disediakan.
    Kesalahan dalam mengikuti pedoman dapat berakibat penolakan dari naskah Anda.
  • Harap pastikan bahwa penulis memahami dan mengikuti persyaratan ini sebelum melanjutkan dengan langkah selanjutnya dalam pengiriman artikel.
    Kiriman belum pernah dipublikasikan , atau belum ada sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan dalam Komentar untuk Editor). Artikel yang diterbitkan dalam konferensi perlu diubah sebelum diserahkan dengan setidaknya 25% perbedaan dengan makalah aslinya, dan lulus pemeriksaan kesamaan kami.
    Penulis terikat dengan Kebijakan Plagiarisme kami, oleh karena itu pertimbangan yang cermat harus dilakukan sebelum mengirimkan artikel. Dalam keadaan apa pun yang JURNAL Publiciana temukan artikel telah atau diterbitkan di tempat lain yang identik dengan yang diterbitkan di JURNAL Publiciana, kami akan menarik kembali artikel mengikuti pedoman COPE tentang mencabut artikel dan memberi tahu penulis.
  • Penulis tidak disarankan menarik naskah yang dikirim setelah itu dalam proses publikasi (tinjau, salin, tata letak, dll). Selama ini, JURNAL Publiciana telah menghabiskan sumber daya berharga selain waktu yang dihabiskan dalam proses.
  • Karena JURNAL Publiciana adalah jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat , instruksi dalam Memastikan artikel Blind-Review perlu diikuti.
  • Masukkan nomor Whatsapp Anda di bidang komentar untuk memudahkan editor menghubungi Anda jika email Anda memiliki masalah

SISTEMATIKA PENULISAN

 

JUDUL ARTIKEL ILMIAH DITULIS SINGKAT DAN PADAT MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DAN BAHAS INGGRIS (MENGGUNAKAN UPPERCASE, TIMES NEW ROMAN 14, DAN BOLD)


THE TITLE OF THE SCIENTIFIC ARTICLE IS WRITTEN BRIEFLY AND CONCISELY IN INDONESIAN AND IN ENGLISH (USING UPPERCASE, TIMES NEW ROMAN 14, AND BOLD ITALIC)

 

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2, ….., Penulis Lainnyaxx (Times New Roman, 11)

 

1Instansi / Asal penulis pertama, Kota, Negara (Times New Roman, 10)

2Instansi / Asal penulis pertama, Kota, Negara (Times New Roman, 10)

xxInstansi / Asal penulis pertama, Kota, Negara (Times New Roman, 10)

 

E-mail semua penulis (Times New Roman, 10)

 

ABSTRAK

Memberikan gambaran mengenai penelitian yang dilaksanakan, ditulis dengan lengkap dan jelas. Abstrak ditu;is dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, diketik dalam 1 paragraf 1 spasi. Abstrak memuat pokok-pokok penelitian, seperti tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak harus dapat menggambarkan bagimana penelitian yang dilakukan dapat berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pemerintahan dan politik. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dalam format bold dan italic (cetak tebal dan miring) dan merupakan substansi dari penelitian yang dilakukan. Kata kunci juga sebaiknya terdapat dalam judul. Format penulisan abstrak dan kata kunci, serta tubuh artikel seluruhnya harus mengikuti cetakan ini. Jumlah kata dalam abstrak 150 – 250 kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kata Kunci : abstrak, bold, italic

 

ABSTRACT

Provides an overview of the research carried out, written completely and clearly. Abstract are written in Indonesian dan English, typed in 1 Paragraph and 1 Space. Abstract contains research points, such as objectives, methods and research results. Abstract must be able to describe how the research conducted can contribute to the development of science in the fileds of government and politics. Keywords are written under the abstract in bold and italic format and are the substance of the research carried out. Keywords should be also be in the title. Abstract format and keywords, as well as the entire article body should follow this template. The number of words in the abstract is 150 – 250 words in Indonesian and English.

Keywords: Abstract, bold, italic

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi tujuan penelitian dan mengapa Anda melakukan penelitian. Bagian utama dari sebuah artikel harus dimulai dengan bagian pengantar yahng memberikan rincian lebih lanjut tentang tujuan penulisan/penelitian, motivasi, metode penelitian, dan temuan. Pendahuluan harus relative non-teknis, namum cukup jelas bagi pembaca untuk memahami kontribusi dari artikel.

Tulisan mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia, menggunakan kosakata yang tepat dan mengikuti kaidah ilmiah dengan baik dan benar. Apabila artikel ditulis dalam Bahasa Inggris, maka artikel harus menggunakan grammar  yang benar dan telah diperiksa oleh ahli bhasa (proofread) dengan cermat. Selain itu, tulisan harus mematuhi etika publikasi ilmiah. Badan artikel termasuk daftar pustaka ditulis dalam satu kolom, seperti template  ini. Penulisan baris pertama pada paragraph pertema setelah sub-judul ditulis tidak menjorok (urut dengan penulisan sub-judul). Pada paragraf berikutnya, baris pertama ditulisa menjorok ke dalam satu tab (1,5 cm) penegrtian artikel akan lebih mudah apabila menggunakan perangkat lunak Microsoft word. Gunakan menu page layout untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan yaitu, A4, Margin atau batas kanan, kiri, atas, dan bawah menggunakan pilihan (yaitu : kanan 2cm; kiri 2cm; atas 3cm; dan bawah 2cm). Spasi antar baris adalah single (tunggal) tanpa ada tambahan antar paragaraf. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman ukuran 12-pt.

Sistematika penulisan terdiri dari pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Pendahuluan berisi alas an dilakukan penelitian yang ditunjang dengan kajian literature (teoritik). Bagian pandahuluan ditulis sebanyak lebih kurang 20% dari badan artikel. Kemudian. Metode yang berisi uraian singkat mengenai metode penelitian yang digunakan (kurang lebih 10% badan artikel). Bagian selanjutnya adalah yang sangtat penting yaitu mengenai hasil dan pembahasan. Bagian ini ditulisa 64% dari isi artikel keseluruhan dan pembahasan hasil penelitian harus merujuk pada hasil penelitian sebelumnya. Kesimpulan ditulis dengan singkat (sekitar 5% dari badan artikel) untuk menyatakan jawaban singkat dari masalah penelitian. Sementara daftar pustaka ditulis sesuai kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychologycal Association (APA).

 

 

KERANGKA TEORI

Bagian ini barisikan kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja. Tetapi juga bukti-bukti empirik. Hipotesis penelitian (jika ada) harus dibangun dengan konsep teori dan dukungan kajian empirik (penelitian terdahulu). Jenis huruf yang digunakan adalan Times New Roman  ukuran 12-pt.

 

METODE PENELITIAN

Metode penelitian berisikan paparan pendekatan/tipe penelitian, unit, analisis, informan (kualitatif) atau populasi dan sampling (kuantitatif), teknik pengumpulan data, dan analisis data. Jenis huruf yang digunakan adalan Times New Roman  ukuran 12-pt.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini memaparkan hasil penelitian/kajian. Hasil dan pembahasan harus disajikan dalam bagian yang sama, jelas, dan singkat. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan table, grafik (gambar), dan atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterprestasikan penemuan secara logis, mengkaitkannya dengan sumber rujukan yang relevan. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman  ukuran 12-pt.

Tabel 1.  Contoh Format Penulisan atau Penyajian Data dalam Tabel

Nama Bagian

Keterangan

Abstrak

Metode Penelitian

Hasil dan Pembahasn

Simpulan dan Rekomendasi

Abstrak

Metode Penelitian

Hasil dan Pembahasn

Simpulan dan Rekomendasi

 

 

Gambar 1.  Tahapan Penelitian

 

KESIMPULAN

Kesimpulannya harus bias menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan berisikan rangkuman atas hasil dan pembahasan. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman ukuran 12-pt.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka ditulis pada bagian akhir artikel dengan jenis dan ukuran huruf sama dengan tubuh artikel. Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Untuk mempermudah penulisan daftar pustaka memakai aplikasi MENDELEY agar semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka. Semua penyitatan harus mengikuti etika penulisan, terutama dalam hal menulis kutipan langsung atau tidak langsung. Bagian ini memebrikan contoh penulisan sumber sitasi. Semua yang ada dalam daftar ini dapat diruntut dalam badan artikel template ini untuk dipelajari tata cara penulisan sitasi dalam teks. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman ukuran 12-pt.

Contoh :

Andrianus, Toni., & Efriza. (2013). Mengenal Teori-Teori Politik dalam Sistem Politik sampai Korupsi. Bandung: Nuansa Cendekia, 56-61 (penulisan daftar pustaka dari Buku)

Febrina, Rury., Isril.(2018). Proses politik dalam Pembahasan Ranperda Kota Pekanbaru tentang RPJMD Kota Pekanbaru Tahun 2017-2022. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, Edisi Juni-Desember 2018 Vol 17 No 30. http://dx.doi.org/10.35967/jipn.v17i30.7063 (penulisan daftar pustaka dari Jurnal)

 

 

Catatan Lainnya

Untuk Page setup, adalah sebagai berikut

Top (Atas)                  : 3 cm

Bottom (Bawah)        : 2 cm

Left (Kiri)                   : 3 cm

Right (Kanan)           : 2 cm