Main Article Content

Abstract

Kebutuhan manusia bermacam-macam salah satunya adalah transportasi karena mempermudah kebutuhan mobilitas menujulokasi satu ke lokasi lainnya. Seiring perkembangannya, terdapat sistem transaksi yang dikenal dengan istilah sistem transaksi tunai dan kredit dalam upaya memenuhi kebutuhan. Oleh sebab itu, peneliti ingin membandingkan pembelian tunai dan kredit oleh konsumen kaitannya dalam keputusan membeli barang. Peneliti menggunakan sampel berupa transaksi pada sepeda motor Yamaha yang diteliti di CV. Trijaya Motor. Tujuan penelitian ini, agar diketahui perbedaan keputusan yang diambil oleh konsumen untuk terjadinya pembelian sepeda motor Yamaha secara tunai dan kredit. Metode penelitian menggunakanpendekatan metode kuantitatif yang memberikan kuesioner kepada 35 responden yang diambil dari data penjualan konsumen CV. Trijaya Motor Blitar dari bulan Januari sampai dengan Mei 2020 yang kemudian dilakukan serangkaian proses uji data. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulanya adalahtidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam keputusan membeli sepeda motor Yamaha secara tunai dan kredit yang dilakukan oleh konsumen.

Article Details

How to Cite
Lu’lu Ul Maknunah, & Erika Setiya Budi. (2021). Analisis perbandingan keputusan pembelian sepeda motor yamaha secara tunai dan kredit (Studi kasus pada cv. trijaya motor Blitar). Publiciana, 13(2), 135-142. https://doi.org/10.36563/publiciana.v13i2.176