Main Article Content

Abstract

inas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung melakukan inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yaitu Klinik Adminduk Panducakti. Suatu tempat pelayanan administrasi kependudukan yang berada di tingkat Desa/Kelurahan agar masyarakat lebih cepat, mudah, efisien dan efektif untuk mengurus dokumen kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung mencakup dimensi tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiviness (tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor mendukung dan menghambat kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan dari dimensi tangible (bukti fisik) sudah memenuhi kualitas pelayanan dengan baik dan memberi pelayanan kepada masyarakat dengan nyaman, dimensi reliability (kehandalan) pegawai sudah menjalankan dengan tepat waktu sesuai ketentuan yang berlaku dan memiliki standar prosedur dalam menjalankan fungsi sebagai pelayanan kepada masyarakat agar berjalan dengan terstruktur, dimensi responsiveness (ketanggapan) bahwa pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap kepada masyarakat petugas akan merespon dengan baik dan cepat, dimensi assurance (jaminan) pegawai dalam menanggapi penyelesaian dalam pelayanan sudah tepat waktu berdasarkan jumlah masyarakat yang akan dilayani jika sedikit maka akan tepat waktu, dimensi terakhir yaitu empahaty (empati) bahwa pegawai sudah menunjukkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan pelayanan yang tulus, bersikap ramah, serta tidak membeda-bedakan (diskriminatif) sehingga dapat memberi kepuasan bagi masyarakat yang melakukan pelayanan.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Keywords

Kualitas Pelayanan; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Article Details

How to Cite
Tyasotyaningarum, B. (2023). Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung. Publiciana, 16(02), 71-81. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/776

References

  1. Angkat, K. M., Kadir, A. and Isnaini, I. (2017). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 7 (1), pp.33–48.
  2. Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
  3. Marande, Y. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8 (1), pp.33–39.
  4. Mochammad, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4 (1), pp.1–20.
  5. Nasution, A. H. and Kartajaya, H. (2018). Inovasi. Penerbit Andi.
  6. Putri, Y. L. and Utomo, H. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi persepsi pada pelanggan dian comp ambarawa). Among Makarti, 10 (1).
  7. Rahmadanik, D. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di Era Pandemi Covid-19. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11 (1), pp.11–18.
  8. Rahmawati, A. D. and Fatmawati, A. (2020). Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Berbasis Web. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20 (2), pp.134–140.
  9. Rukayat, Y. (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11 (2).
  10. Saparita, R. et al. (2015). Membangun sistem inovasi untuk kesejahteraan masyarakat. LIPI Press.
  11. Soegiarto, S., Kirana, E. C. and Bahar, B. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru. In: Seminar Nasional Riset Terapan. 3. 2018. pp.D24–D34.
  12. Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  13. Tyasotyaningarum, B. and Muzaqi, A. H. (2021). PRAKTIK PELAYANAN PUBLIK DI DAERAH: OPTIMALISASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN KINERJA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN NGANJUK. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 5 (1), pp.115–131.
  14. Tyasotyaningarum, B. and Putri, A. (2021). Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 5 (2), pp.201–213.
  15. Wiryanto, W. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 4 (1), pp.142–149.
  16. Yulistika, W. E. (2022). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN WANASARI KECAMATAN CIBITUNG KABUPATEN BEKASI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (10), pp.4023–4028.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'