Main Article Content

Abstract

Anak merupakan aset negara, mereka memiliki karakteristik yang sangat istimewa. Dalam tumbuh kembangnya anak memerlukan perlakukan yang tidak cukup dengan pangasuhan namun juga perhatian khusus dari orang tua. Tumbuh kembang pada usia golden age memiliki arti penting bagi pertumbuhan mereka dan mampu memberikan penciptaan karakter pada diri seorang anak. Pada riset ini, periset mengambil studi di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung dengan estimasi sebab wilayah itu ialah wilayah dengan jumlah pekerja migran lumayan banyak di Kabupaten Tulungagung. Metode yang dipakai dalam periset ini yakni metode riset Deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah anak anak, orang tua, keluarga pengganti, pemerintah setempat. Hasil dari penelitian diperoleh faktor-faktor yang menyebabkan menurunnya perkembangan pendidikan anak buruh migran, adapun faktor tersebut diantaranya adalah kurangnya perhatian dari orang tua inti, pengaruh perkembangan sosial media, pengaruh lingkungan keluarga dan pertemanan baik di rumah maupun di sekolah. Terdapat perbedaan perkembangan pada anak buruh muigran dibandingkan dengan anak yang berada dibawah asuhan orang tua inti secara utuh. Pola asuh yang dirasa sangat minim didapatkan dari orang tua sehingga memberikan pengaruh negatif bagi perkembangan anak dalam pendidikannya.

Keywords

perkembangan pendidikan anak migran

Article Details

How to Cite
Kusumawati, S. A., & Rindrayani, S. R. (2024). Perkembangan Pendidikan Anak Buruh Migran di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Publiciana, 17(01), 54-61. https://doi.org/10.36563/publiciana.v17i01.988

References

  1. Adriana, D (2013). Tumbuh kembang & terapi bermain anak. Jakarta. Salemba Medika.
  2. Apriastuti, D.A. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan.Vol. 4. No. 1 Juni 2013, hal 1-14.
  3. Ayuba, N (2015). Hubungan Peran Ibu dalam Stimulasi Dini dengan Perkembangan Anak Usia Toddler di Desa Hutabohu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Vol. 3. No. 3 September 2015.
  4. Desmita (2010). Psikologi perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
  5. Fitri, Heleni, 2018, Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 – 6 Tahun di Tinjau dari Tingkatan Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lancang Kuning, 1 (2): 172-173.
  6. Nazir, M (2014). Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.
  7. Marganti (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta. Kencana.
  8. Mukhtar (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta. Refereni.
  9. Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
  10. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif R&D. Alfabeta.
  11. Sujiono, Yuliani Nurani, dkk (2014). Metode Pengembangan Kognitif, Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.
  12. Shauughnessy, John J, dkk. (2012). Metode Penelitian dalam Psikologi, ed. 9 Jakarta. Salemba Humanika.
  13. Unicef (2012). Ringkasan Kajian Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Jakarta. Unicef.
  14. Zaviera, Ferdinan (2015). Mengenali & Memahami Tumbuh Kembang Anak, Jogyakarta. Katahati.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'