Main Article Content

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung para pelaku UMKM dari segi legalitas, digital marketing dan pembuatan profil usaha untuk memasarkan produknya dan meningkatkan penjualan khususnya bagi UMKM di Desa Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. UMKM di Desa Kedungwaru merupakan UMKM yang bergerak di berbagai jenis produk seperti makanan dan kerajinan tangan dan perlu mengadopsi strategi baru dalam memasarkan produknya dan perizinan usahanya. Melalui kegiatan ini, UMKM dapat memperoleh izin usaha (P-IRT, NIB),  profil usaha, dan pemasaran digital. Selain itu, para pemilik UMKM di Desa Kedungwaru juga dilatih teori pemasaran produk  digital  yang efektif dan tepat sasaran melalui media sosial.

Keywords

UMKM Legalitas Profil Usaha Pemasaran Digital

Article Details

How to Cite
Rakhmawati, H., & Sawal Sartono. (2024). Pendampingan Legalitas, Digital Marketing dan Business Plan pada Pelaku UMKM Desa Kedungwaru, Tulungagung. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 4(1), 21-28. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v4i1.1000

References

  1. Bahtiar, R. A. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah serta solusinya. Info Singkat, 13(10), 19–24.
  2. Bruhn, M., Schoenmueller, V., & Schäfer, D. B. (2012). Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation? Management Research Review, 35(9), 770–790.
  3. Liem, R., Srisanto, E., & Sutanto, R. P. (2015). Perancangan Buku Company Profile sebagai Media Promosi Vegas Conceptual Show. Jurnal DKV Adiwarna, 2(7), 11.
  4. Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
  5. Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. (2019). Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261.
  6. Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651.
  7. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, Pub. L. No. 20 (2008).

Most read articles by the same author(s)