Pendampingan Pembuatan Krupuk Berbahan Baku Susu Sapi Perah di Desa Samar Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung

  • Laily Purnawati Universitas Tulungagung
  • Nunun Nurhajati Universitas Tulungagung
Abstract views: 24 , pdf downloads: 9
Keywords: pembuatan kerupuk, susu sapi perah, desa samar

Abstract

Desa Samar yang berada di wilayah Kecamatan Pagerwojo memiliki potensi peternakan sapi perah. Masyarakat di didaerah menggantungkan hidupnya dari beternak sapi perah (60% dari jumlah penduduk). Hal ini merupakan keuntungan tersendiri karena selain bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga bisa dimanfaatkan susu segarnya bagi kesehatan warganya. Permasalahan yang dihadapi pertama, bagaimana memanfaatkan hasil produksi susu sapi yang tidak tertampung di KUD menjadi bahan olahan yang mempunyai nilai ekonomi dan tidak mengalami kerugian sehingga peternak sapi perah tetap bertahan. Dilain sisi, istri peternak selama ini hanya sebagai ibu rumah tangga yang tidak produktif secara ekonomi sehingga perlu upaya agar istri peternak ini bisa berdaya secara ekonomi juga. Kedua, bagaimana meningkatkan ketrampilan istri peternak memanfaatkan susu sapi perah menjadi bahan baku olahan krecek dan krupuk susu.

Solusi yang ditawarkan, pertama pembuatan krecek dan krupuk susu dengan sensasi varian rasa berbahan baku susu sapi perah. Kedua, peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan-pelatihan pada aspek produksi dan pemasaran berbasis IT (website, marketplace, media sosial). Metode kegiatan yang dilaksanakan dengan cara melakukan observasi dan pendekatan kepada peternak sapi perah, kelompok perempuan, dan pemangku kepentingan. Dimana masyarakat dilibatkan dalam berbagai tahapan kegiatan mulai dari sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Target luaran yang diharapkan adalah publikasi ilmiah, buku ajar dan produk.

References

Agus Nurudin, , 2007, Analisa Sumber-sumber Pertumbuhan Susu Segar Peternakan Sapi Perah di Indonesia, http://www.digilibui.ac.id.

Ambar Teguh, Sulistyani, 2004, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan, Yogyakarta, Graha Ilmu

Riwayati,Indah dkk, 2015, Pemanfaatan susu sapi perah melalui diversifikasi produk olahan menjadi sabun mandi susu, jurnal Techno,ISSN 1410-8607 vol.16 no.1 April2015.

BPS, 2017, Tulungagung Dalam Angka (Tulungagung Regency In Figure), Tulungagung, BPS Tulungagung

LPPM Universitas Tulungagung, 2014, Inventarisasi Potensi dan Kekayaan Desa KabupatenTulungagung Tahun 2014. Tulungagung, LPPM Universitas Tulungagung
Published
2021-11-23
How to Cite
Laily Purnawati, & Nunun Nurhajati. (2021). Pendampingan Pembuatan Krupuk Berbahan Baku Susu Sapi Perah di Desa Samar Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 1(2), 21-27. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v1i2.342
Section
Articles