Main Article Content

Abstract

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan. Hal ini dikarenakan kebutuhan pangan keluarga secara kuantitas dan kualitas  bisa terpenuhi dengan baik. Stok pangan yang bergizi dan aman secara berkala bisa dipenuhi dari kebun/ pekarangan rumah. Sebagian besar perumahan masyarakat di Kelurahan Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo memiliki pekarangan yang sempit, sehingga pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan dapat dioptimalkan dengan penanaman tanaman secara vertikultur. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain: memanfaatkan lahan sempit yang belum produktif menjadi lahan sempit yang produktif dengan teknik vertikultur, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang tata cara menanam tanaman vertikultur, membantu memperbaiki ketahanan pangan keluarga. Metode yang dilaksanakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, dan demonstrasi praktik langsung teknik vertikultur tanaman sayuran. Tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian meliputi: tahap persiapan, tahap penyuluhan dan tahap praktik. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan. Peserta kegiatan pengabdian sebagian besar sudah memiliki pengetahuan mengenai mengenai budidaya sayuran namun klo untuk teknik vertikultur masih awam sehingga peserta kegiatan akan mencoba mempraktikan di rumah.

Keywords

Pekarangan Vertikultur Ketahanan Pangan

Article Details

How to Cite
Umi Nur Solikah, Shafa Nur Afifah, Rima Alia Ashari, & Hafida Paramita. (2023). Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Teknik Vertikultur untuk Mendukung Ketahanan Pangan Keluarga. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 2(2), 68-73. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v2i2.610

References

  1. Ariyanto, Shodiq Eko dan Untung Sudjianto. 2022. Teknik Budidaya Sayuran Secara Vertikultur Di Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan Keluarga. Muria Jurnal Layanan Masyarakat Vol. 4, No. 1, Maret 2022. LPPM Universitas Muria Kudus. Kudus
  2. Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen. 2022. Kelompok Tani Wanita Desa Tlogotirto:”Yuk, Manfaatkan Tanah Pekarangan Kita”. https://pertanian.sragenkab.go.id/?p=1337. Diakses Tanggal 31 Oktober 2022.
  3. Hidayati, Nurul., et al. 2018. Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Budidaya Sayuran Dengan Sistem Vertikultur. PengabdianMu Vol.3 No.1, Maret 2018. Universitas Muhammadiyah Palankaraya.
  4. Hendriyana, Artati. 2021. Pekarangan Rumah Bisa Dimanfaatkan Jadi Sumber Pangan Keluarga. https://www.unpad.ac.id/2021/08/pekarangan-rumah-bisa-dimanfaatkan-jadi-sumber-pangan-keluarga/. Diakses Tanggal 31 Oktober 2022.
  5. Rosdiana., et al. 2019. Budidaya Tanaman Sayuran Pada Lahan Pekarangan Dengan Teknik Vertikultur Dan Hidroponik. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 24 September 2019.

Most read articles by the same author(s)