POLA KEMITRAAN PERUSAHAAN KELAPA SAWIT DENGAN PETANI DI KECAMATAN WIWIRANO KABUPATEN KONAWE UTARA (STUDI KASUS PT. DAMAI JAYA LESTARI)

  • Nindi Chintia Dewi Universitas Halu Oleo
  • Lukman Yunus Universitas Halu Oleo
  • Kasno Arif Universitas Halu Oleo
Abstract views: 145 , PDF downloads: 90

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola kemitraan perusahaan kelapa sawit yang merugikan petani di Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola kemitraan petani dengan PT. Damai Jaya Lestari, mengetahui kontrak kemitraan petani dengan PT. Damai Jaya Lestari, serta mengetahui komitmen kemitraan yang dilakukan oleh PT. Damai Jaya Lestari di Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola kemitraan yang terjadi antara PT. Damai Jaya Lestari dengan petani di Kecamatan Wiwirano yaitu pola Kerjasama Operasional Agribisnis (KOA). Kontrak kemitraan berisi tentang perjanjian kemitraan dengan jangka waktu 25 Tahun, biaya yang ditanggung oleh kedua belah pihak seperti biaya investasi dan biaya produksi sebesar 40%:60% serta pembagian hasil antara petani dan perusahaan sebesar 40%:60%. Komitmen kontrak kemitraan yang dilaksanakan sesuai dengan kontrak kemitraan yaitu membiayai dan mengelolah seluruh pembangunan perkebunan kelapa sawit, melakukan kerja sama dalam jangka waktu 25 Tahun dan menanggung biaya investasi dan biaya produksi 60%. Perjanjian yang tidak dilaksanakan sesuai dengan kontrak kemitraan adalah bagi hasil 40% yang tidak diterima sepenuhnya oleh petani dikarenakan adanya pemotongan biaya seperti biaya investasi dan biaya produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-30
How to Cite
Dewi, N. C., Yunus, L., & Arif, K. (2024). POLA KEMITRAAN PERUSAHAAN KELAPA SAWIT DENGAN PETANI DI KECAMATAN WIWIRANO KABUPATEN KONAWE UTARA (STUDI KASUS PT. DAMAI JAYA LESTARI). Jurnal AGRIBIS, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.36563/agribis.v10i1.1012
Section
Articles