FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PELANGGAN DALAM PENENTUAN PILIHAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PADA LBB TCC DI TULUNGAGUNG (Studi kasus pada Lembaga Bimbingan Belajar LBB Tulungagung)

  • Desi Rahmawati
  • Tutut Ardianto
Abstract views: 2 , PDF downloads: 1
Keywords: persepsi, sikap, motivasi, pembelajaran, menentukan pilihan belajar

Abstract

                                                Abstrak

Mengenali tipe perilaku pelanggan merupakan salah satu cara agar pelanggan mau membeli produk atau jasa perusahaan sehingga pemasaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi, sikap, motivasi dan pembelajaran berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap perilaku pelanggan dalam menentukan pilihan Lembaga Bimbingan Belajar pada LBB “TCC” Tulungagung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis-asosiatif, sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampel probabilitas, dengan menggunakan random sampling, teknik pengumpulan data adalah wawancara dengan kuesioner. Hasil penelitian bahwa persepsi, sikap, motivasi, pembelajaran, mempengaruhi penentuan pilihan belajar sebesar 48,6%. Secara parsial terdapat pengaruh persepsi terhadap penentuan pilihan pada Lembaga Bimbingan Belajar “TCC”  di Tulungagung dengan tingkat signifikansi sebesar 0,014. Terdapat pengaruh sikap terhadap penentuan pilihan pada Lembaga Bimbingan Belajar “TCC”  di Tulungagung dengan tingkat signifikansi sebesar 0,033. Terdapat pengaruh motivasi terhadap penentuan pilihan pada Lembaga Bimbingan Belajar “TCC”  di Tulungagung dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008. Terdapat pengaruh pembelajaran terhadap penentuan pilihan pada Lembaga Bimbingan Belajar “TCC”  di Tulungagung dengan tingkat signifikansi sebesar 0,033.  Secara simultan besarnya Fhitung sebesar 15,409. Nilai ini lebih besar dari Ftabel 2,53 artinya terdapat pengaruh faktor persepsi, sikap, motivasi dan pembelajaran terhadap penentuan pilihan pada Lembaga Bimbingan Belajar “TCC”  di Tulungagung.

Abstract

 

The Factors that Influence consumer behavior in determining the choice of tutoring Agency to LBB TCC In Tulungagung.Identify the type of consumer behavior is one way to makecustomer to buy company’s product or services so that the marketing strategies that is done canrun well.The purpose of this research is to find out that perceptions, attitudes,motivation and learning take effect either simultaneously or parthally to words consumer behavior in determining the choice of tutoring agency to LBB TCC Tulungagung. The methods that is used in this research is hypothesis Associatif Examination, Samples were taken using probability sample technique, by using Random Sampling data collection, technique by interviews with questionnaires. The result of this research that perception, attitudes, motivations and learning influence the determination of tutoring options in the amount of 46,8%. Partially there is perception influence to words determining options to tutoring agency TCC in Tulungagung with a significance level of 0,014. There is attitudes influence to words determining options to Tulungagung agency TCC in Tulungagung with a significance level of 0.033. There is motivations influence to words determining options to tutoring agency TCC in Tulungagung with  significance level of 0.08. There is learning influences to words determining options tutoring agency TCC in Tulungagung with a significance level of0,33, Simultancously, the magnitude of F count at 15,409. This value is biggee than F table 2,53.It mean that there is perception, attitudes, motivation, and learning influence in determining the choice tutoring agency to LBB TCC Tulungagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu Swastha, Drs. DH, MBA. 2006, Azas-Azas Marketing, Edisi 2 Liberty, Yogyakarta.

Deswindi Leli, 2007, Kecepatan Tingkat Penerimaan Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Lama Yang Mengalami Perubahan Dan Produk Inovasi Baru Dalam Upaya Memasuki Dan Merebut Pasar, Business & Management Journal Bunda Mulia, Vol: 3, No. 2, September 2007, Hal 19-25

Dharmesta & Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Liberty, Yogyakarta

Fandy Tjiptono, 2005. Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

Freddy, Rangkuti, 2004, Strategic Marketing Tools & Cases. Practical Data Analysis & Interpretation Marketing & Behaviour. Edisi Pertama. Penerbit PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta

Ginting, Paham., 2011, Syafrizal Helmi Situmorang, 2011, Filsafat Ilmu Dan Metode Riset, Terbitan Pertama USU Press., Medan

Handoko, T. Hani, 2007, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Satu, BPFE, Yogyakarta.

J. Supranto, & Limakrisna 2007, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Kartajaya Hermawan.,2005 “Hermawan Kertajaya on Marketing”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Keegan Warren J. : Manajemen Pemasaran Global, Edisi keenam, Prenhallindo, Jakarta, 2003

Koeswara, E. 2005, Motivasi. Angkasa, Bandung

Kosasih tahun 2013 Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Dealer Arista Johar, Kosasih, SE., MM., Dadan Ahmad Fadili, SE., MM., Nurul Fadilah, SE., 2013, Jurnal Manajemen Vol.10 No.3 April 2013, Hal 1135-1148

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2009, Marketing Management 12e, Pearson Education, International Edition, Prentice Hall, New Jersey

Loudon, David and J. Della Bitta, 2004, Consumer Behaviour : Concept and Aplications, 4th Edition, Mc. Graw Hill, New York

Marwah, Sofa, 2008, Metode Penelitian Kualitatif: Karakteristik dan Pendekatan, Materi Kuliah Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta

Marwan Asri, Drs. MBA., 2006, Marketing, BPFE, Yogyakarta.

Mowen, John C. & Mihael Minor, 2003, Perilaku Konsumen, Terjemahan, Lina Salim, Erlangga, Jakarta.

Payne, Adrian. 2003, Pemasaran Jasa (Terjemahan Fandi Tjiptono), Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.

Reksohadiprojo, Sukanto, 2007, Manajemen Produksi. Edisi Empat. BPFE. Yogyakarta.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A., 2005, Organizational Behavior, 13th Edition, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey

Rukismono., Martinus, SE.MM, 2011, Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Memilih Jasa Transportasi Udara Lion Air Di Surabaya, Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2, Desember 2011, hal: 1-9

Saifuddin, Azwar, 2005, Reliabilitas dan Validitas.: Pustaka Balajar Offset, Yogyakarta

Setiadi, Nugroho J., 2008, Perilaku Konsumen, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2003. “Remarketing for Business Recovery, Sebuah Pendekatan Riset”. Jakarta: Gramedia PU.

Sumarwan, Ujang., 2003, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Jakarta, Ghalia Indonesia

Sumarwan, Ujang., 2004, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta

Sumarwan, Ujang., 2011, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta

Swasta, Basu dan T Hani Handoko, 2004, Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta

How to Cite
Rahmawati, D., & Ardianto, T. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PELANGGAN DALAM PENENTUAN PILIHAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PADA LBB TCC DI TULUNGAGUNG (Studi kasus pada Lembaga Bimbingan Belajar LBB Tulungagung). Jurnal BONOROWO, 2(2), 1-3. https://doi.org/10.36563/bonorowo.v2i2.57
Section
Articles