Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan baik secara serempak maupun parsial terhadap penjualan produk. Besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan nantinya akan mempengaruhi penjualan perusahaan. Biaya pemasaran (X) meliputi biaya advertensi, biaya promosi penjualan, serta biaya komisi penjualan. Sedangkan penjualan menjadi variabel terikat (Y). Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dari hasil analisis diketahui bahwa biaya pemasaran memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap penjualan. Dari hasil uji f, variabel bebas (X) secara serempak atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil uji t, masing-masing variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen secara signifikan. Secara parsial atau secara sendiri-sendiri, variabel biaya advertensi, biaya promosi penjualan dan biaya komisi penjualan berpengaru. Jadi variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah biaya komisi Penjualan. Dari analisa koefisien determinasi diketahui pengaruh variabel bebas secara serempak terhadap variabel terikat.