Main Article Content

Abstract

Biaya target adalah strategi pengelolaan biaya perencanaan untuk mengurangi biaya. Metode dilakukan dengan penghapusan biaya yang kurang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk pengelolaan biaya dan peningkatan laba ditargetkan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam perencanaan untuk meningkatkan laba. Jenis penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif Komperatif. Objek penelitian pada Orin Boutique Cake. Teknik analisis data dengan menganalisis proses produksi, menganalisis harga produk dengan pesaing dan mengimplementasi metode Biaya target. Hasil penelitian menunjukan Orin Boutique Cake dapat meningkatkan laba dengan menerapkan biaya target. Penerapan biaya target dilakukan dengan proses rekayasa nilai yang terdiri dari tahapan pembelian kuantitas bahan baku lebih murah, mengurangi biaya kemasan dll. Melalui proses tersebut, perusahaan penghematan biaya sebesar Rp.3.359.000 sebelumnya sebesar Rp.3.527.500 untuk produksi roti dan lainya setiap hari. Dengan penghematan tersebut, perusahaan mampu mencapai laba penjualan yang diinginkan sebesar 31%, dari sebelumnya yang hanya mampu mendapatkan laba penjualan 29%.

Keywords

Biaya Target Rekayasa Nilai Meningkatkan Laba

Article Details

How to Cite
Rakhmawati, H., Wahyuandari, W., & Febri Ansyah, E. (2023). ANALISIS BIAYA TARGET DALAM UPAYA PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN PADA ORIN BOUTIQUE CAKE DI TULUNGAGUNG. JAT : Journal Of Accounting and Tax , 2(2), 101-113. https://doi.org/10.36563/jat.v2i2.863