STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SONGKO RECCA DI DESA PACCING, KECEMATAN AWANGPONE, KABUPATEN BONE

Authors

  • Asminar Universitas Islam Makassar
  • Syamsul Rahman Universitas Islam Makassar
  • Helda Ibrahim Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36563/pde30n09

Keywords:

Songko Recca, Strategi Usaha, Ekonomi Kreatif

Abstract

Usaha kerajinan songko recca di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya lokal yang memiliki potensi ekonomi. Namun, dalam perkembangannya, usaha ini menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan pemasaran, minimnya inovasi, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha songko recca yang dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pengrajin, aparat desa, dan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha songko recca memerlukan integrasi antara inovasi produk, pelestarian nilai budaya Bugis, pemanfaatan teknologi digital, dan dukungan kebijakan pemerintah. Selain itu, pemberdayaan komunitas lokal berperan penting dalam membangun keberlanjutan usaha. Strategi yang dapat diterapkan antara lain pelatihan digital marketing, kolaborasi lintas sektor, dan fasilitasi akses pasar yang lebih luas. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penyusunan model pengembangan usaha berbasis kearifan lokal di sektor ekonomi kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amory, J. D. S., J, R., & Hayadin, M. R. (2025). Integrasi Teknologi Informasi dan

Komunikasi dalam Model Bisnis UMKM: Kajian Literatur tentang

Inovasi dan Keberlanjutan. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2455–2462.

https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14519

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative

Research in Psychology, 3, 77–101.

https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2020). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

Dalam Studi Interaksi Simbolik Pada Anggota Komunitas Fast Rider di

Bandung.

Euro Ivani, M., & Anshori, I. (2024). Transformasi Digital Pengrajin Tas

Tanggulangin: E-Business di Era Pasar Global. Journal MISSY

(Management and Business Strategy), 5(2).

Farid Ariandi, M., & Jufri, M. (2022). Jurnal Sejarah dan Budaya Eksistensi

Songkok Recca dalam Peradaban Masyarakat Bone.

Firdaus, L., Amelia, R., Hakim, L., Syarif, U., Jakarta, H., & Selatan, K. T. (2024).

STRATEGI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI

ERA DIGITAL. 5(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare

Ilham, B. ulum, Widiawati, A., Hamdana, Irmayani, N., & B, M. (2024). Studi

Kearifan Lokal Suku Mandar Dalam Peningkatan Kinerja Usaha Mikro

Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo.

Kardianto, K., Muhammadiah, M., & Mone, A. (2022). Strategi Pengembangan

Usaha Songkok Recca Di Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.

Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(5).

Kemenko PMK. (2021). Pentahelix, Lima Unsur Kekuatan Dalam

Pengembangan Potensi Desa dan Kawasan Perdesaan Kian

Mendapatkan Respon Positif.

Komdigi. (2024). UMKM INDONESIA MAKIN KUAT: PROGRAM LEVEL UP 2024

SIAP DORONG DIGITALISASI BISNIS.

https://www.komdigi.go.id/berita/ekonomi-digital/detail/umkm-

indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-

bisnis.

Notoadmojo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Journal

Article.

Nurwakhidah, A. (2022). UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

MELALUI USAHA GRIYA BATIK SENGGURUH KEPANJEN DALAM

PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Lentera, 21(1).

Salmaa. (2023). Purposive Sampling: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh yang

Baik dan Benar. Deepublish.

Sugiyono, Prof. DR. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif

kualitatif. Dalam Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Nomor 1).

Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., Sanjaya, V. F., Raden, U., & Lampung, I.

(2024). PERAN COMPETITIVE ADVANTAGE DALAM MENARIK KONSUMEN DI

PASAR LOKAL (STUDI PADA TOPSHOP BANDAR LAMPUNG). Dalam Jurnal

Manajemen Bisnis Syariah (Vol. 1).

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SONGKO RECCA DI DESA PACCING, KECEMATAN AWANGPONE, KABUPATEN BONE. (2025). Jurnal AGRIBIS, 11(2), 35-50. https://doi.org/10.36563/pde30n09