STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SONGKO RECCA DI DESA PACCING, KECEMATAN AWANGPONE, KABUPATEN BONE
DOI:
https://doi.org/10.36563/pde30n09Keywords:
Songko Recca, Strategi Usaha, Ekonomi KreatifAbstract
Usaha kerajinan songko recca di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya lokal yang memiliki potensi ekonomi. Namun, dalam perkembangannya, usaha ini menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan pemasaran, minimnya inovasi, dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha songko recca yang dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pengrajin, aparat desa, dan pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha songko recca memerlukan integrasi antara inovasi produk, pelestarian nilai budaya Bugis, pemanfaatan teknologi digital, dan dukungan kebijakan pemerintah. Selain itu, pemberdayaan komunitas lokal berperan penting dalam membangun keberlanjutan usaha. Strategi yang dapat diterapkan antara lain pelatihan digital marketing, kolaborasi lintas sektor, dan fasilitasi akses pasar yang lebih luas. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penyusunan model pengembangan usaha berbasis kearifan lokal di sektor ekonomi kreatif.
Downloads
References
Amory, J. D. S., J, R., & Hayadin, M. R. (2025). Integrasi Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam Model Bisnis UMKM: Kajian Literatur tentang
Inovasi dan Keberlanjutan. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2455–2462.
https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14519
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative
Research in Psychology, 3, 77–101.
https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W. (2020). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Dalam Studi Interaksi Simbolik Pada Anggota Komunitas Fast Rider di
Bandung.
Euro Ivani, M., & Anshori, I. (2024). Transformasi Digital Pengrajin Tas
Tanggulangin: E-Business di Era Pasar Global. Journal MISSY
(Management and Business Strategy), 5(2).
Farid Ariandi, M., & Jufri, M. (2022). Jurnal Sejarah dan Budaya Eksistensi
Songkok Recca dalam Peradaban Masyarakat Bone.
Firdaus, L., Amelia, R., Hakim, L., Syarif, U., Jakarta, H., & Selatan, K. T. (2024).
STRATEGI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI
ERA DIGITAL. 5(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare
Ilham, B. ulum, Widiawati, A., Hamdana, Irmayani, N., & B, M. (2024). Studi
Kearifan Lokal Suku Mandar Dalam Peningkatan Kinerja Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo.
Kardianto, K., Muhammadiah, M., & Mone, A. (2022). Strategi Pengembangan
Usaha Songkok Recca Di Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 3(5).
Kemenko PMK. (2021). Pentahelix, Lima Unsur Kekuatan Dalam
Pengembangan Potensi Desa dan Kawasan Perdesaan Kian
Mendapatkan Respon Positif.
Komdigi. (2024). UMKM INDONESIA MAKIN KUAT: PROGRAM LEVEL UP 2024
SIAP DORONG DIGITALISASI BISNIS.
https://www.komdigi.go.id/berita/ekonomi-digital/detail/umkm-
indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-
bisnis.
Notoadmojo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Journal
Article.
Nurwakhidah, A. (2022). UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT
MELALUI USAHA GRIYA BATIK SENGGURUH KEPANJEN DALAM
PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Lentera, 21(1).
Salmaa. (2023). Purposive Sampling: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh yang
Baik dan Benar. Deepublish.
Sugiyono, Prof. DR. (2019). Buku sugiyono, metode penelitian kuantitatif
kualitatif. Dalam Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Nomor 1).
Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., Sanjaya, V. F., Raden, U., & Lampung, I.
(2024). PERAN COMPETITIVE ADVANTAGE DALAM MENARIK KONSUMEN DI
PASAR LOKAL (STUDI PADA TOPSHOP BANDAR LAMPUNG). Dalam Jurnal
Manajemen Bisnis Syariah (Vol. 1).

