FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENUTUP REKENING TABUNGAN PADA PT BNI Tbk KANTOR LAYANAN TRENGGALEK

  • Anjar Prihatmoko
Abstract views: 264 , PDF downloads: 1441
Keywords: Manfaat tabungan, kualitas pelayanan, kekuatan pesaing dan keputusan menutup rekening.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara manfaat tabungan, kualitas pelayanan, dan kekuatan pesaing terhadap keputusan menutup rekening di PT BNI Tbk KLN Trenggalek, baik secara simultan maupun parsial. Jika ada pengaruhnya, maka selanjutnya untuk mengetahui pengaruh paling besar terhadap keputusan menutup rekening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah dan pengambilan sampel yang berjumlah 75 responden dilakukan dengan teknik aksidental  sampling.  Ada 4 (empat) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu:3 (tiga) variabel bebas yaitu manfaat tabungan, kualitas pelayanan,  kekuatan pesaing, dan satu variabel terikat yaitu keputusan menutup rekening. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = - 2,213 + 0,596 X1 + 0,062 X2 + 0,165X3 dan secara simultan ketiga variable bebas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menutup rekening. Secara parsial masing-masing variable  manfaat tabungan, kualitas pelayanan, dan kekuatan pesaing berpengaruh signifikan terhadap keputusan menutup rekening dan variable manfaat tabungan memiliki pengaruh paling dominan. Koefisien  determinasi (R2) diperoleh hasil 0,707 berarti semua variabel bebas secara keseluruhan memberikan kontribusi sebesar 70,70% terhadap keputusan menutup rekening, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak perusahaan maupun bagi nasabah sendiri. Perusahaan diharapkan akan lebih memahami tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam menutup rekening terkait dengan faktor-faktor tersebut, sehingga kedepan diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi yang lebih baik.

This study aims to determine the effect between the benefits of savings, service quality, and the strength of competitors to the decision to close an account at PT BNI Tbk KLN Trenggalek, both simultaneously and partially. If any effect, then further to know the most influence on the decision to close the account. The population in this study is all customers and sampling of 75 respondents conducted by accidental sampling technique. There are 4 (four) variables studied in this research, that is: 3 (three) independent variable that is saving benefit, service quality, competitor's strength, and one dependent variable that is decision to close account. Data collection techniques used in this study is a questionnaire. The data collected were analyzed by descriptive analysis of percentage and multiple linear regression analysis using SPSS program. Based on the research results obtained regression equation Y = - 2,213 + 0,596 X1 + 0,062 X2 + 0,165 X3 and simultaneously all three independent variables have significant effect on decision to close account. Partially, each variable of saving benefit, service quality, and competitor's power have a significant effect on the decision to close the account and savings benefit variable has the most dominant influence. The coefficient of determination (R2) obtained by 0.707 means that all the independent variables as a whole contributed 70.70% to the decision to close the account, while the rest influenced other variables that are not examined in this study. The results of this study are expected to be useful for the company as well as for its own customers. The company is expected to better understand the factors that can influence the decision of the customers in closing accounts related to these factors, so that the future is expected the company can implement a better strategy.

References

Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu. Merek. Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Utama.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, H. 1992. Consumer Behavior & Marketing Action, Fourth Edition,. New York: Kent Publishing Company. Del Hawkins, Roger JB.

Dermawan, Wibisono. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Balai Pustaka.

Nazir, Muh. 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahmady Radiany dan Andi Sularso. 2007. Konsentrasi Pemasaran. Surabaya: Badan Penerbit Mahardhika.

Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Bandung: Penerbit Linda Karya.

Tjiptono, Fandy. 1998. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI,

______. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Zeithaml, V., Berry, L. and Parasuraman, A. .1996. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60, 31-46

How to Cite
Prihatmoko, A. (1). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENUTUP REKENING TABUNGAN PADA PT BNI Tbk KANTOR LAYANAN TRENGGALEK. BENEFIT , 2(1), 55-101. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/86
Section
Articles