ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TRANPORTASI BUS SEKOLAH DINAS PERHUBUNGAN,KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN TULUNGAGUNG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan yang terdiri dari bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan transportasi bus sekolah Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan pada Transportasi Bus Sekolah di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan sampel sebanyak 61 responden yang ditentukan berdasarkan metode accidential sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi analisis instrument penelitian yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas serta pengujian hipotesis yang meliputi uji asumsi klasik, multiple linier regression, uji F, uji t dan R-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variable bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan/penumpang transportasi bus sekolah; (2)Variabel bukti nyata (X1), daya tanggap(X3) dan empati (X5) secara individu memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan/penumpang transportasi bus sekolah; (3)Variabel kehandalan (X2) dan jaminan (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan/penumpang transportasi bus sekolah. Variabel daya tanggap memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan pelanggan/penumpang transportasi bus sekolah. Koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil 0,625 berarti variable bebas secara keseluruhan memberikan kontribusi sebesar 62,50% terhadap kepuasan pelanggan/penumpang bus transportasi sekolah, sedangkan sisanya 37,50% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Abstract
This study aims to determine the effect of service quality dimension consisting of tangible proof, reliability, responsiveness, assurance, and empathy to customer satisfaction of school bus transportation of DinasPerhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung. This research was conducted on the Transportation of School Buses at the Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung Tulungagung using a sample of 61 respondents who were determined based on accidental sampling methods. Data collection methods used in this study using questionnaires, while data analysis methods used include analysis of research instruments consisting of validity and reliability test and hypothesis testing which includes classical assumption test, multiple linear regression, F test, t test and R - Square.The result of the research shows that: (1) real evidence variable, reliability, responsiveness, certainty, and empathy together give positive and significant influence to the level of customer satisfaction / passenger bus transportation; (2) The variables of real evidence (X1), individual responses (X3) and empathy (X5) have a positive and significant influence on the level of customer satisfaction / passenger bus transportation; (3) The variable of reliability (X2) and assurance (X5) has no significant effect on the level of customer satisfaction / passenger of school bus transportation. The responsive variable gives the most dominant influence to the level of customer satisfaction / transport of the school passenger bus. The coefficient of determination (R2) obtained by the result of 0.625 means the independent variable means the whole contributes 62.50% to the customer/passenger bus transport, while the remaining 37.50% affects other variables not examined in this study.
References
DAFTAR PUSTAKA
Djarwanto PS., dan Subagyo P., 1998, StatistikInduktif, Yogyakarta: BPFE.
Haryono Sigit. 2010. Analisis Kualiatas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakarta, Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 7 No. 1Juli 2010 (Online), http://repository.upnyk.ac.id/6240/2/Sigit_Haryono_Naskah.pdf.Diaksestanggal 30 Juni 2015.
Indriantoro, Nur dan BambangSupomo. 2002.Metodologi Penelitian Bisnis – Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta:BPFE.
Kotler, Philip.1997.Manajemen Pemasaran – Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1.Edisi Ke Enam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler,Philip.1997.Manajemen Pemasaran– Analisis,Perencanaan, Implementasi dan PengendalianJilid 2.Edisi Ke Enam. Jakarta:Penerbit Erlangga,.
Masri, Henry. 2002. AnalisisFaktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi KeretaApi Indonesia (studi kasus pada PT KAI Daop IV Semarang).Tesis dipublikasikan (Online)http://eprints.undip.ac.id/9561/, Diaksestanggal 29 juni 2015.
Nugroho, Wahyu. 2009. Analisis Persepsi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pengguna Bus Malam Cepat Sedya Mulya (Studi Kasus pada BPU Sedya Mulya Jurusan, Solo-Jakarta). Tesis Dipublikasikan (Online).http://core.ac.uk/download/pdf/12348511.pdf,Diakses tanggal 28 Juni 2015.
Santosa, Singgih dan F.Tjiptono. 2001.Riset Pemasaran.Jakarta:Elex Media Komputindo.
Suparmoko M. 1989.Ekonomika Sumber Daya Alam dan Lingkungan.Yogyakarta:BPFE.
Swastha, DH. Basu. 1999.Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2005.Pemasaran Jasa., Malang:Bayumedia Publishing.
-----------, 1997.StrategiPemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
-----------, 2006.Prinsip- Prinsip Total Quality Service.Yogyakarta: PenerbitAndi.