PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGKRINGAN KOTA KEDIRI
Abstract
Abstrak
Angkringan adalah bisnis informal perkotaan yang menggunakan unsur tradisional untuk menarik pengunjung. Angkringan tidak hanya tempat minum atau makan tapi juga interaksi sosial antar pengunjung yang memiliki beragam latar belakang. Banyak orang suka datang ke angkriangan yang menggunakan gerobak dan cenderung. Angkringan menyediakan banyak gorengan seperti tempe, tahu bacem, minuman dan terkenal dengan "sego kucing".Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi konsumen seperti keragaman produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Angkringan. Studi tentang persepsi konsumen penting bagi konsumen sebelum mengambil keputusan. Untuk angkringan penjual, persepsi konsumen bisa membantu mereka tentang keputusan membeli produk atau barang. Keputusan pembelian konsumen melalui proses tertentu karena membawa risiko saat membeli produk. Pengambilan data dilakukan dari bulan Februari sampai Juli tahun 2016 di Kediri. Sampel sebanyak 40 responden diambil dengan teknik kenyamanan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi konsumen terhadap keragaman produk, harga dan kualitas pelayanan dan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian di Angkringan yang berarti lebih baik keragaman produk, harga dan kualitas layanan akan meningkatkan keputusan pembelian.
Abstract
Angkringan is the urban informal business that use the traditional elements to attract the visitors. Angkringan is not only place to drink or to eat but also social interaction among visitors who have a wide variety of background. Many people like to come to angkriangan which uses a wagon and tend. Angkringan provides many fried food such as tempe, tahu bacem, a drink and well known with “sego kucing”.The purpose of this study is to investigate and analyze the effect of consumer perceptions such as the diversity of product, price and a quality of service influence on purchasing decisions on Angkringan. The study of consumer perception is important for consumer before making decision. For the angkringan of seller, the consumer perception can help them about the decision of purchasing a product or items. A purchasing decisions of consumers go through a certain process because of bearing the risk when buying the products.The data collection was from February to July year 2016 in Kediri. The sample of 40 respondents was taken by using convenience sampling technique. The technique of collecting data used questionnaires,interviews and observations. Then the data analyzed by using multiple linear regression The results showed that the variable of the perception consumer of the diversity of product, price and quality of service and a significant positive influence on purchasing decision in Angkringan which means better the diversity product, price and quality of service will increase the purchasing decision
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asep ST. Sujana. 2005. Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu
Boyd, Harper W, dkk, 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT.Indeks. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing. Edisi 13. United States of America: Pearson.
Handoko, T, Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (edisi 2). BPFE. Yogyakarta
Humaidy, E. 2011. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan konsumen Dalam Melakukan Pembelian di Rumah Makan Simpang Tiga Pamekasan. Skripsi. Tidak di Publikasikan. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).
Mowen, John C. dan Michael Minor. 2002. Consumer Behaviour. Diterjemahkan oleh Lina Salim. Edisi Kelima, jilid 1 dan 2. PT. Penerbit Erlangga. Jakarta
Mulyani, Yuliana. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar Swalayan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Swalayan Luwes di Purwodadi). Excellent. Vol.1, No.2.
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Cetakan Kelima. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lupiyoadi dan Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2000. Consumer behavior : Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Roimatul, Zahro. 2015. Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Atmospher Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Tamara Kediri. Artikel Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri
Saladin dan Oesman. 2002. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Schiffman, Leon and Kanuk, Leslie Lazar. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Simamora Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Simamora Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 3. Cetakan 1. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta : C.V ANDI
OFFSET.
Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metedologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kulitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sumarwan. U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sutedjo, Budi. 2007. Pengantar Teknologi Informasi Internet. Yogyakarta: Andi Offset.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
Utami, Cristina Widia. 2006. Manajemen Ritel (Strategi Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat.
.