EFEKTIVITAS KINERJA DOSEN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER V DI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN UNIVERSITAS TULUNGAGUNG

  • Dewi Ratna Sulistina Universitas Tulungagung
Abstract views: 52 , pdf downloads: 30
Keywords: efektivitas kinerja perkuliahan, hasil belajar mahasiswa

Abstract

ABSTRAK
Keefektifan kinerja perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa merupakan keberhasilan dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi tercapai ditinjau dari ada tidaknya tujuan yang telah ditentukan untuk merubah tingkah laku peserta didik yang dapat diamati dan diukur dari segi pengetahuan, sikap. dan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan hasil kinerja pada pembelajaran mengajar mahasiswa semester lima di program diploma III kebidanan universitas tulungagung.
Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas kinerja perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan jumlah populasi 92 responden, dengan menggunakan teknik non probability sampling jenuh (sensus), dimana alat ukurnya menggunakan angket, lokasi penelitian pada program diploma III kebidanan tulungagung. Universitas. Saat penelitian pada bulan oktober 2015. Teknik analisa data menggunakan chi square, Kendall's dan Spearman Rank.
Tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas hasil belajar mengajar mahasiswa semester lima di program diploma III kebidanan universitas tulungagung, berdasarkan analisis data menggunakan uji statistik Chi Square-Value 0,000 dan uji Kendall dan Spearman Rank dengan nilai p 0,024 dan 0,025.
Efektivitas hasil kinerja yang tinggi pada pembelajaran mengajar mahasiswa semester lima di program diploma III kebidanan universitas tulungagung.

ABSTRACT
The effectiveness of lecture performance to students learning outcomes is a lecturer success in implementing Tridharma Perguruan Tinggi College achieved in terms of whether or not the goals that have been determined to change the behavior of learners that can be observed and measured in terms of knowledge, attitudes and skills. The purpose of this study to determine the effectiveness performance results on learning teaching students five th semester in third diploma midwifery program tulungagung university.
The variable in this study is the effectiveness of lecture performance to students learning outcomes with a total population of 92 respondents, using a non-probability sampling techniques saturated (census), where the measuring instrument using questionnaires, research sites in third diploma midwifery program tulungagung university. When the study in October 2015. Technical data analysis using chi square, Kendall's and Spearman Rank.
No significant influence on the effectiveness performance results on learning teaching students five th semester in third diploma midwifery program tulungagung university, based on data analysis using statistical test Chi Square-Value 0.000 and Kendall's test and Spearman Rank p value 0.024 and 0.025-value.
The higher the effectiveness performance results on learning teaching students five th semester in third diploma midwifery program tulungagung university.

Published
2019-08-01
How to Cite
Dewi Ratna Sulistina. (2019). EFEKTIVITAS KINERJA DOSEN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER V DI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN UNIVERSITAS TULUNGAGUNG. Kebidanan, 9(2), 1-4. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/bidan/article/view/307