PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN HASIL PERTANIAN HIDROPONIK DI HPT FARM TULUNGAGUNG

Main Article Content

Gevin Regananda
Chusnatul Ulaela Sajali

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peran media sosial dalam strategi pemasaran hasil sayuran hidroponik di HPT FARM yang berlokasi di Kecamatan kauman, Kabupaten Tulungagung, serta untuk menganalisis bauran pemasaran yang diterapkan oleh HPT FARM. Penelitian ini dilangsungkan sepanjang bulan April hingga bulan Mei 2025. Metode penelitian yang dipergunakan merupakan data primer juga sekunder. Metode pengumpulan data bagi penelitian ini mempergunakan metode wawancara, observasi, kuisioner juga focus grup discusion.Teknik analisis data ini menggunakan Skala Likert dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya penggunaan  media sosial ketika melangsungkan promosi sayur hidroponik tergolong Efektif. HPT FARM menerapka  4 bauran pemasaran yang digunakan yakni produk, harga, tempat juga promosi. Produk ditawarkan dalam bentuk hasil panen sayuran hidroponik. HPT FARM menetapkan harga yang cukup terjangkau bagi pelanggan. Strategi promosi yang dilakukan oleh HPT FARM dilakukan secara promosi offline dan online. Promosi offline pertama kali dilangsungkan melalui penawaran produk dengan cara langsung terhadap pelanggan. Kemudian promosi online dilangsungkan mempergunakan media sosial seperti tiktok, Instagram, whatshap.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/journal.unita.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN HASIL PERTANIAN HIDROPONIK DI HPT FARM TULUNGAGUNG. (2025). JAAS : Journal of Agribusiness and Agro-Socioeconomics, 1(1), 11-20. https://journal.unita.ac.id/index.php/JAAS/article/view/1628