PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN HASIL PERTANIAN HIDROPONIK DI HPT FARM TULUNGAGUNG


Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peran media sosial dalam strategi pemasaran hasil sayuran hidroponik di HPT FARM yang berlokasi di Kecamatan kauman, Kabupaten Tulungagung, serta untuk menganalisis bauran pemasaran yang diterapkan oleh HPT FARM. Penelitian ini dilangsungkan sepanjang bulan April hingga bulan Mei 2025. Metode penelitian yang dipergunakan merupakan data primer juga sekunder. Metode pengumpulan data bagi penelitian ini mempergunakan metode wawancara, observasi, kuisioner juga focus grup discusion.Teknik analisis data ini menggunakan Skala Likert dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya penggunaan media sosial ketika melangsungkan promosi sayur hidroponik tergolong Efektif. HPT FARM menerapka 4 bauran pemasaran yang digunakan yakni produk, harga, tempat juga promosi. Produk ditawarkan dalam bentuk hasil panen sayuran hidroponik. HPT FARM menetapkan harga yang cukup terjangkau bagi pelanggan. Strategi promosi yang dilakukan oleh HPT FARM dilakukan secara promosi offline dan online. Promosi offline pertama kali dilangsungkan melalui penawaran produk dengan cara langsung terhadap pelanggan. Kemudian promosi online dilangsungkan mempergunakan media sosial seperti tiktok, Instagram, whatshap.