Main Article Content

Abstract

Program Peningkatan Kapasitas Wirausaha Digital dengan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bertujuan untuk membantu para peserta dalam memahami kewirausahaan digital dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing usaha. Metode yang digunakan dalam program ini mencakup pembelajaran langsung dan praktik terkait konsep kewirausahaan, penggunaan media digital seperti email dan media sosial, serta pengurusan legalitas usaha melalui OSS. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para peserta mampu mengadopsi teknologi digital dalam usaha mereka, meskipun beberapa peserta menghadapi kendala dalam adaptasi teknologi. Saran yang diberikan adalah untuk memperluas waktu praktik serta meningkatkan dukungan teknis bagi peserta yang kurang terbiasa dengan teknologi.

Keywords

kewirausahaan digital, teknologi, media sosial, legalitas usaha, OSS

Article Details

How to Cite
Rahman, M. A., M. Lutfi Kurniawan, Anisa Hashilla, & Miranda Oktarica. (2025). PENINGKATAN KAPASITAS WIRAUSAHA DIGITAL DENGAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP ACADEMY (DEA). JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 5(1), 8-17. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v5i1.1209

References

  1. Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.
  2. Kominfo. (2024a). Digital Talent Scholarship. https://digitalent.kominfo.go.id/#
  3. Kominfo. (2024b). LMS SDM Digital. https://lms.sdmdigital.id/
  4. Kominfo. (2024c). Silabus Kewirausahaan Digital Dasar (Dasar I).
  5. Monica, A., Rahman, M. A., & Achmad, Y. F. (2023). Literature Review: Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Produk E-Commerce. 29(2).
  6. Novrita, S. Z., Yulastri, A., Ganefri, Giatman, Effendi, H., & Muskhir, M. (2024). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Kurikulum Pembelajaran Wirausaha terhadap Kompetensi Wirausaha Digital Mahasiswa Vokasi Tata Busana. Indonesian Journal of Computer Science, 12(6). https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3584
  7. Nugroho, P., Sutrisno, A., & Aminudin, C. (2024). Media Sosial dan Radikalisme: Bagaimana Teknologi Informasi Mempengaruhi Pemikiran Ekstrem. HUMANIORUM, 1(4). https://doi.org/10.37010/hmr.v1i4.31