Main Article Content
Abstract
Tujuan pelatihan untuk menambah wawasan keilmuan tentang elektronik LKPD dan platform liveworksheet, serta terampil membuat produk elektronik LKPD secara mandiri. Peserta pelatihan guru SMP Al Muhafizhoh sebanyak 20 orang. Nara sumber sekaligus pendamping pelatihan dosen FKIP Universitas Islam Balitar. Kegiatan dilaksanakan 3 hari mulai tanggal 11- 13 Maret 2025. Metode pelatihan 10% teori dan 90% praktik membuat elektronik LKPD. Secara umum hasil pelatihan sebagai berikut: 1) pemahaman peserta pelatihan mengenai konsep dasar elektronik LKPD dan liveworksheet meningkat sebesar 35% dari 60% menjadi 95%. 2) kemampuan dan ketrampilan mengoperasionalkan website, mengisi komponen, melakukan konversi dari LKPD tradisional ke elektronik LKPD sangat baik termasuk peserta sudah dapat menghasilkan produk elektronik LKPD sesuai bidang studinya. 3) respons peserta terhadap kompetensi nara sumber terutama dalam penguasaan materi, penyajian materi, metode pelatihan dan pendampingan serta pemberian pelatihan sangat positif. 4) respon peserta terhadap kinerja panitia mulai dari persiapan, pelayanan sampai akhir kegiatan sangat baik dan profesional.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Apriyani Flipbook &Mulyatna. 2021.” E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras” Volume 2 Nomor 1 Halaman 491-500.
- Erawanto, U., Triantoro, M., Sari, H. P., & Primasari, Y. (2023). Meningkatkan kemampuan guru dalam membuat modul pembelajaran. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136-145.
- Erawanto, U., Triantoro, M., & Sari, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran dan Angka Kredit bagi Guru. JANITA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(2), 84-89.
- Fitriani, Hidayah & Nurfauziah. 2021.” Live Realistic Education Geogebra: Meningkatkan Worksheet Mathematics Berbantuan Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa” Volume 5 Nomor 1 Halaman 37.
- Ghufron, S., & Mariati, P. (2022, April). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan E-LKPD Berbasis Digital dengan Aplikasi Jotform bagi Guru SD di Magetan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Vol. 1, No. 1, pp. 1136-1151).
- Harti, H., Sakti, N. C., Sudarwanto, T., Saino, S., Pratama, D. P. A., & Habibah, I. A. N. (2022). Pelatihan pembuatan LKPD ekonomi berbasis aplikasi digital pada guru-guru sma di kabupaten lamongan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2169-2177.
- Kharismawati & Kaltsum. 2022. “Implementasi Pembelajaran Metode Blanded Learning dengan Bantuan Platform Liveworksheet Oleh Guru pada Siswa Sekolah Dasar” Volume 6 Nomor 3. Halaman 4531-4538.
- Khikmiyah. 2021.” Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Dalam Learning Pembelajaran Matematika” Volume 6 Nomor 1. Halaman1-12.
- Marhaeni, N. H., & Fitri, I. A. (2023). Pelatihan Pembuatan LKPD Berbasis Live Worksheet di SMA Dharma Amiluhur. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 43-52.
- Nurhayati, A. S. (2016). Peran Media Jejaring Sosial Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9 (November), 632–641.
- Noprinda, C.T., & Soleh, S.M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skills (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168-176.
- Primasari, Y., Supriyono, S., & Dwi Lestari, Y. (2024). GAME FOR IMPROVING STUDENTS’ENGLISH LITERACY IN TARGETED SCHOOL OF KAMPUS MENGAJAR. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 12(1), 1-20.
- Pulungan, M., Usman, N., Suratmi, S., & Harini, B. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran tematik kurikulum 2013. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(1).
- Sari, H., Erawanto, U., Triantoro, M., Sulistiana, D., & Primasari, Y. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru SMA Al Muhafizhoh Blitar Melalui Pelatihan Pembuatan Modul Ajar (RPP Lengkap). JANITA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(1), 11-20.
- Sinsuw, A. A., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(3), 105-110.
- Triantoro, M., Erawanto, U., & Sari, H. P. (2023). Madrasah Diniyah Learning Patterns: Curriculum Design Studies and Pedagogical Practices. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(2), 534-543.