Main Article Content

Abstract

Pelatihan bertujuan menambah keilmuan dan meningkatkan ketrampilan guru SMA AL Muhafizhoh membuat modul ajar (RPP lengkap) sesuai kurikulum merdeka. Peserta pelatihan semua guru mata pelajaran, diselenggarakan selama 3 hari. Metode pelatihan menggunakan ceramah bervariasi (ceramah disertai tanya jawab dan diskusi) untuk menjelaskan materi dan metode klinis praktik langsung pembuatan modul ajar dibawah pendampingan dan bimbingan nara sumber sampai menghasilkan produk modul ajar. Hasil pelatihan menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman peserta tentang kurikulum Merdeka, kemampuan memahami Capaian Pembelajaran, membuat rumusan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran, membuat rumusan pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik, mampu memilih dan menerapkan sintak model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu juga mampu menghasilkan produk modul ajar (RPP lengkap) dipakai acuan pembelajaran.

Keywords

peningkatan kompetensi SMA AL muhafidzah pembuatan modul ajar

Article Details

How to Cite
Sari, H., Erawanto, U., Triantoro, M., Sulistiana, D., & Primasari, Y. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru SMA Al Muhafizhoh Blitar Melalui Pelatihan Pembuatan Modul Ajar (RPP Lengkap). JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 4(1), 11-20. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v4i1.994

References

  1. Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan
  2. relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
  3. Erawanto, U., Triantoro, M., & Sari, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran dan Angka Kredit bagi Guru. JANITA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA
  4. MASYARAKAT, 3(2), 84–89.
  5. Erawanto, U., Triantoro, M., Sari, H. P., & Primasari, Y. (2023). Meningkatkan
  6. Kemampuan Guru dalam Membuat Modul Pembelajaran. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 136–145.
  7. Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
  8. Triantoro, M., & Erawanto, U. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Berbasis Komunitas bagi MGMP SMP Kota Blitar. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 440–446.
  9. Triantoro, M., Erawanto, U., & Sari, H. P. (2023). Madrasah Diniyah Learning Patterns: Curriculum Design Studies and Pedagogical Practices. Al-Hayat: Journal of
  10. Islamic Education, 7(2), 534–543.
  11. VIYA, H., & Sholikhah, I. (2023). Analysis Of Teacher Barriers In Implementing Kurikulum Merdeka To Teach English Of Tenth Grade At Sma Al-Azhar Syifa Budi Solo In The Academic Year Of 2022/2023. UIN Surakarta.
  12. Kemendikbudristek, “Peran Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” 2022. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go. id/detail-ikm/ (accessed May 24, 2022).
  13. Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan DanKebudayaan,1–50
  14. Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (L. I. Darojah (ed.)
  15. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,, Riset, dan Teknologi. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022