Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan peningkatan jiwa nasionalisme anak-anak TKI di sanggar bimbingan Attanzil Kampung Lindungan, Petailing Jaya – Malaysia. Kurangnya pemahaman tentang ke-Indonesiaan menjadi permasalahan anak-anak TKI ini karena lebih banyak tinggal di lingkungan jauh dari budaya Indonesia. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah ceramah dan pembelajaran active learning untuk anak-anak sanggar bimbingan dengan materi pengenalan ekonomi dan pengenalan budaya Indonesia. hasil pre test dan post test dari 45 siswa sanggar menunjukan bahwa tingkat pemahaman pada pengenalan ekonomi kepada Siswa tentang Mata uang Indonesia, tingkat daya beli, dan kekayaan alam Indonesia mendapatkan kenaikan sebesar hasil bahwa sebanyak 40 Siswa dari 45 Siswa sudah mengetahui tentang nilai-nilai mata uang rupiah. Selanjutnya pemahaman tentang daya beli rupiah terdapat peningkatan sebanyak 32 Siswa, dan peningkatan sebesar 20 orang Siswa tentang kekayaan alam Indonesia. Dan pengenalan terhadap budaya menunjukan tingkat pemahaman Siswa tentang presiden pertama Indonesia sebanyak 40 Siswa. Dan pengetahuan tentang batik 40 Siswa, serta 40 Siswa memahami bahwa wayang dari Indonesia.

Keywords

Nasionalisme Ekonomi Budaya

Article Details

How to Cite
Santoso, A., Jefree Fahana, & Hatib Rahmawan. (2023). Penanaman Jiwa Nasionalisme Melalui Ekonomi dan Budaya Kepada Siswa Sanggar Bimbingan At-Tanzil Kampung Lindungan - Malaysia. JANITA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT , 3(2), 74-83. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v3i2.842

References

  1. Christian, A.R & Sulistiyani, Tina. 2021. Pengantar Manajemen Bisnis. UADpress. Yogyakarta.
  2. Jati, DKK (2022). Pengenalan Teknologi Pada Anak dan Manajemen Usaha pada Orang Tu a untu k Mampu Membentuk Karakter Anak Sambil Bekerja. Jilpi: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi. Vo.1. No., 29-36.
  3. Pratiwi, P. D. ., & Christian, A. R. (2021). Performa Keuangan Perusahaan Sub-Sektor terdampak Covid-19 . INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 128 - 137. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.217.
  4. Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Jurnal USAHA, 2(1), 34–42.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'