PERAN WANITA TANI DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA KELUARGA PETANI

  • Yuniar Hajar Prasekti Universitas Tulungagung
Abstract views: 105 , PDF downloads: 94

Abstract

Seiring perkembangan zaman wanita tidak lagi dianggap lemah. Wanita zaman sekarang telah menjalani peran ganda. Selain berperan sebagai ibu rumah tangga, mereka juga turut berperan dalam ekonomi karena tuntutan kebutuhan keluarga yang semakin meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan wanita tani dalam menunjang perekonomian rumah tangga keluarga petani di Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang wanita tani. peneliti mengambil data dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sample dengan mengambil subjek penelitian yang memenuhi kriteria. Dimana kriteria tersebut dibuat oleh peneliti sendiri.

Hasil penelitian ini menunjukkan peran wanita tani dalam menunjang perekonomian rumah tangga keluarga petani di Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung , para wanita tani telah ikut ambil bagian dalam menambah pendapatan keluarga untuk membantu suami yang penghasilannya kecil. Selain bekerja menjadi wanita tani, mereka tidak melupakan tanggung jawab mereka sebagai ibu rumah tangga. Secara otomatis perannnya menjadi ganda, yaitu menjadi ibu rumah tangga dan sebagai istri yang bekerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida Sri Rahayu. 2017. Peranan Istri dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga di Desa Bojonggenteng Sukabumi Jawa Barat. Jakarta : Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh.

Anoymous. Jtpunimus-gdl-yerohmani-5282-3-bab2.pdf. http://digilib.unimus.ac.id/download.php?id=2477. Diakses pada tanggal 19 mei 2017 2:28pm WIB.

BPS (1990-2006). Data Kependudukan. Badan Pusat Statistik. Jakarta : BPS.

Elizabeth, R. 2007b. Pengarusutamaan Gender Melalui Managemen Sumberdaya Dan Diversifikasi Pendapatan Rumah Tangga Petani Di Pedesaan” Antara Harapan Dan Kenyataan. Makalah lokakarya pengarusutamaan Gender. FEMA IPB Bogor bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan RI.

Gunarsa dan Gunarsa. (2000). Psikologi Praktis: Anak Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Gustiyana, H. 2004. Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian. Jakarta : Salemba Empat.

Arbiyanti, Hartika. 2011. Pembagian Kerja Rumah Tangga Petani Berdasarkan Jenis Kelamin. www.kompasiana.com.

Hernanto, 1994. Ilmu Usahatani. Jakarta : Penebar Swadaya.

Hurlock, Elizabeth. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Indah Aswiyati. 2016. Peran Wanita Dalam Menunjang Perekonomian Rumah Tangga Petani Tradisional Untuk Penanggulangan Kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. Jurnal Holistik. Tahun IX. No.17.

Ismini. Peran Wanita Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Mojorejo Batu. Malang : Skripsi Pada Universitas Widyagama Malang.

Ryane, Juwita Deca. 2015. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga melalui Home Industri Batik Di Dusun Karangkulon Desa Wukusari Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta : Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh.

Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Peneltian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwadaminta, W. J. S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sajogyo, Pudjiwati. 1983. Peranan Wanita Dalam Perkembangan Masyarakat Desa. Jakarta : CV Rajawali.

Sajogyo dan Pudjiwati Sajogyo. 1990. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sajogyo, P. 1994. Peranan Wanita Dalam Perkembangan Ekonomi. Jakarta : Obor.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

How to Cite
Prasekti, Y. H. (1). PERAN WANITA TANI DALAM MENUNJANG PEREKONOMIAN RUMAH TANGGA KELUARGA PETANI. Jurnal AGRIBIS, 13(15), 1-16. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/117
Section
Articles